News

Zelensky Tolak Tuntutan Moskow untuk Akui Kemerdekaan Donbass dan Krimea sebagai Bagian Rusia


TRIBUNNEWS.COM – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menolak rencana netralitas 15 poin Rusia untuk mengakui Krimea sebagai bagian Rusia dan kemerdekaan Donbass.

Zelensky bersikeras mengenai prioritas Ukraina saat ini termasuk ‘memulihkan integritas teritorial’.

“Pembicaraan tentang Ukraina berlanjut. Prioritas saya dalam pembicaraan sangat jelas, akhiri perang, jaminan keamanan, kedaulatan, pemulihan integritas teritorial, jaminan nyata untuk negara kita, perlindungan nyata negara kita,” kata Zelensky, dalam sebuah video yang dibagikan di Telegram.

Sebelumnya, Rusia dan Ukraina telah mengisyaratkan adanya kemajuan negosiasi dengan mengamankan gencatan senjata dan penarikan pasukan Rusia, dikutip dari Daily Mail.

Seorang petugas pemadam kebakaran berjalan di sepanjang tangga penyelamat yang ditempatkan di bingkai jendela sebuah gedung apartemen yang membara setelah ditembaki di distrik Obolon barat laut Kyiv pada 14 Maret 2022. - Dua orang tewas pada 14 Maret 2022, karena berbagai lingkungan di Ibu kota Ukraina, Kyiv, berada di bawah serangan penembakan dan rudal, kata pejabat kota, pada hari ke 19 setelah militer Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022. (Photo by Aris Messinis / AFP)
Seorang petugas pemadam kebakaran berjalan di sepanjang tangga penyelamat yang ditempatkan di bingkai jendela sebuah gedung apartemen yang membara setelah ditembaki di distrik Obolon barat laut Kyiv pada 14 Maret 2022. – Dua orang tewas pada 14 Maret 2022, karena berbagai lingkungan di Ibu kota Ukraina, Kyiv, berada di bawah serangan penembakan dan rudal, kata pejabat kota, pada hari ke 19 setelah militer Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022. (Photo by Aris Messinis / AFP) (AFP/ARIS MESSINIS)

Ketentuan dalam rencana 15 poin, berarti Kyiv akan menyetujui netralitas dan menerima batasan militernya untuk menghentikan serangan Rusia di Ukraina.

Ada juga rencana untuk melarang Ukraina bergabung NATO dan berjanji untuk tidak menjadi tuan rumah pangkalan militer atau persenjataan Barat dengan imbalan perlindungan.

Ketentuan lain termasuk hak mengabadikan bahasa Rusia di Ukraina.

Namun, desakan Rusia dalam rencana 15 poin itu adalah Ukraina mengakui pencaplokan Krimea serta kemerdekaan Luhansk dan Donetsk.

Presiden Rusia, Vladimir Putin bersikeras seluruh Donbass harus berpisah dari Ukraina.

Komentar Zelensky tentang prioritas Ukraina, termasuk memulihkan wilayah Ukraina, menunjukkan kedua pihak masih jauh dari menyelesaikan kesepakatan.

Baca juga: Ukraina dan Rusia Akan Susun Rencana Netralitas 15 Poin untuk Akhiri Perang, Kyiv Dilarang Ikut NATO





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close