News

Warga Tangerang Raya yang Belum Divaksinasi Capai 13 Persen


Capaian vaksinasi dosis satu paling tinggi ada di Kota Tangsel dengan 99,1 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, SERPONG – Vaksinasi Covid-19 di wilayah Tangerang Raya meliputi Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), dan Kabupaten Tangerang terus digencarkan oleh masing-masing kepala daerah. Jumlah warga yang belum divaksinasi dosis satu di ketiga daerah tersebut secara keseluruhan sekitar 13 persen dari target.


Berdasarkan data yang dihimpun Republika, hingga saat ini tercatat ada sekitar 740 ribu warga yang belum divaksinasi dosis satu atau sekitar 13 persen dari total target sebanyak 5,6 juta jiwa se-Tangerang Raya. Capaian vaksinasi Covid-19 paling tinggi diwujudkan Kota Tangsel, disusul Kota Tangerang, lalu Kabupaten Tangerang.


“Capaian vaksinasi dosis satu di Kota Tangsel sudah 1,06 juta jiwa atau 99,1 persen dari target 1,07 juta jiwa,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar, Ahad (13/2).


Di Kota Tangerang, Dinas Kesehatan setempat mencatat realisasi vaksinasi mencapai 1,58 juta jiwa atau tercapai 95 persen dari target sebanyak 1,67 juta jiwa. Adapun, di Kabupaten Tangerang, warga yang telah divaksinasi Covid-19 dosis satu tercatat sebanyak 2,22 juta jiwa atau 77,8 persen dari target sebanyak 2,85 persen.


Sementara itu, untuk capaian vaksinasi dosis dua dan booster, Dinas Kesehatan Kota Tangsel mencatat sebanyak 864.842 jiwa atau tercapai 80,6 persen pada dosis dua dan sebanyak 90.332 persen atau 8,5 persen pada booster.


Di Kabupaten Tangerang, realisasi vaksinasi dosis dua dan booster masing-masing yakni 1,69 juta jiwa atau 59,2 persen dan 99.757 jiwa atau 4,6 persen. Sedangkan, warga Kota Tangerang yang sudah divaksinasi dosis dua mencapai 1,2 juta jiwa atau 72,3 persen dan vaksinasi booster sebanyak 101.294 jiwa atau 6,1 persen.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraini mengatakan, pelaksanaan vaksinasi saat ini selain untuk dosis satu dan dua, juga diutamakan untuk vaksinasi booster dengan kategori lansia dan masyarakat rentan.


“Vaksinasi booster di Kota Tangerang sudah dimulai sejak 12 Januari lalu, dan hingga saat ini masih terus dikejar untuk segera mendapat angka capaian yang maksimal. Vaksinasi booster diutamakan untuk lansia dan masyarakat rentan, namun juga sudah dimulai untuk petugas publik dan remaja. Kalau booster untuk tenaga kesehatan sudah lebih dari 100 persen,” kata Dini.


Dini mengimbau masyarakat agar segera mengikuti vaksinasi, mulai dari dosis satu, dosis lengkap, hingga dosis booster. Semakin meningkatnya angka capaian vaksinasi diharapkan dapat menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity dan dapat menekan penyebaran Covid-19 di Tangerang Raya.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close