News

Warga Negara Irak Ditangkap di AS karena Rencanakan Pembunuhan George W Bush


Merdeka.com – Seorang warga negara Irak yang tinggal di Columbus, Ohio, Amerika Serikat (AS) ditangkap pada Selasa dan menghadapi dakwaan federal karena diduga merencanakan pembunuhan mantan presiden George W Bush.

Departemen Kehakiman mengumumkan, Shihab Ahmed Shihab didakwa membantu dan bersekongkol dalam percobaan pembunuhan seorang mantan pejabat AS, juga didakwa dengan kejahatan imigrasi karena diduga berusaha membawa masuk warga asing secara ilegal ke AS.

Menurut Departemen Kehakiman, Shihab dituduh merencanakan penyelundupan empat warga negara Irak yang menjadi bagian rencana pembunuhan tersebut. Dokumen pengadilan yang didapat CNN menjelaskan pengintaian yang dilakukan Shihab salah satunya dengan berkendara menuju lingkungan permukiman Bush di Dallas.

“Presiden Bush memiliki kepercayaan penuh kepada Paspampres Amerika Serikat (Secret Service) dan penegak hukum kita dan komunitas intelijen,” jelas kepala staf Bush, Freddy Ford dalam sebuah pernyataan, dikutip dari laman CNN, Kamis (26/5).

FBI mengetahui rencana tersebut melalui informan rahasia, salah satunya merekam diskusi tentang rencana pembunuhan dalam pertemuan akhir tahun lalu dengan Shihab.

Dalam pertemuan pada November lalu, Shihab diduga menyampaikan kepada informan FBI, “mereka berharap membunuh Bush karena mereka merasa dia bertanggung jawab karena membunuh banyak orang Irak dan menghancurkan seluruh negara Irak.”

Pengacara Shihab belum menanggapi permintaan komentar terkait kasus ini.

[pan]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close