TV

Usul Pembentukan Pansus Angket KCJB, PKS: Jelas Bebani Negara


Minggu, 7 Agustus 2022 – 05:12 WIB

VIVA Politik – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPR RI tengah menggalang usul pembentukan Panitia Khusus atau Pansu Hak Angket DPR terkait Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Ada beberapa alasan PKS mendorong pansus angket KCJB.

Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini menyampaikan DPR memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pengawasan dan memberi masukan kepada pemerintah. Dia bilang banyak kritik publik sejak awal menyangkut utilitas, urgensi, kelayakan dan persoalan penganggaran KCJB. 

“Usulan penggunaan hak angket sangat penting untuk menyelidiki dan mengurai secara terang benderang masalah demi masalah yang terjadi pada proyek KCJB demi akuntabilitas pengelolaan dan penggunaan anggaran negara,” kata Jazuli, dalam keterangannya yang dikutip pada Minggu, 7 Juli 2022. 

Pekerja beraktivitas di dalam terowongan tunnel 2 proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (21/6/2022).

Pekerja beraktivitas di dalam terowongan tunnel 2 proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (21/6/2022).

Dia menyindir janji pemerintah yang menjadikan proyek ini murni dilakukan BUMN dengan skema business to business (btb). Pun, janji pemerintah terkait komitmen biaya investasi sepenuhnya berasal dari modal anggota konsorsium dan pinjaman dari China. Namun, janji itu malah jadi pertanyaan dalam praktiknya.

“Tetapi dalam perjalanannya, janji dan komitmen tersebut ternyata nihil. Negara harus menanggung biaya melalui penyertaan modal negara (PMN) dari 2020 hingga 2023 sebesar 15,2 triliun plus dana talangan. 

Jazuli menyinggung dalam perkembangannya KCJB juga menuntut pemerintah Indonesia menanggung pembengkakan biaya proyek konstruksi dan cost over run. Menurut dia, kesalahan kalkulasi dan perencanaan proyek KCJB fatal. 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close