TV

TNI AL Siap Berhadapan Dengan Kapal Asing yang Usir Nelayan di Natuna


Kamis, 22 September 2022 – 13:50 WIB

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menanggapi isu yang telah digulirkan oleh Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar yang menyebutkan kapal patroli atau Coast Guard Negara China atau Tiongkok sering masuk ke wilayah perairan Indonesia, bahkan mengusir nelayan yang mencari ikan di wilayah perairan Natuna Utara.

Kendati demikian, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengaku belum mendapatkan laporan tersebut. Menurutnya, situasi di Natuna Utara sampai sejauh ini masih aman dan dalam pengawasan ketat TNI Angkatan Laut dibawah komando Koarmada I.

“Ya nanti kita cek dulu, itu nelayan mana yang laporan. Karena kan ada kapal kita, ada empat kapal perang kita yang ada patroli di sana,” kata KSAL Laksamana TNI Yudo Margono di Markas Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis, 22 September 2022.

Orang nomor satu di Matra Angkatan Laut itu menegaskan, saat ini wilayah perairan Natuna diawasi ketat oleh empat kapal perang Republik Indonesia (KRI) yang secara rutin melakukan patroli di wilayah perbatasan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE).

“Jadi, kalau saya masih di sini berarti Natuna aman, itu loh kuncinya itu,” tegasnya.

Lebih jauh lagi Yudo mengimbau kepada para nelayan di wilayah perairan Natuna yang memang melihat atau bertemu dengan kapal asing di wilayah perairan Natuna agar segera melaporkan kepada unsur jajaran TNI Angkatan Laut yang ada di Natuna.

“Kalau ada yang menemukan (kapal perang Asing) di sana silahkan laporkan, ada Lanal Ranai dan Guspurla yang selalu ada di sana,” kata Yudo Margono.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.