News

Tekan Emisi Karbon, G20 Bentuk Lembaga Pembiayaan & Infrastruktur Berkelanjutan


Merdeka.com – Dalam rangka menurunkan emisi karbon sebagaimana Perjanjian Paris, Anggota G20 menyepakati adanya pembiayaan yang berkelanjutan. Hal ini sebagai upaya untuk mewujudkan emisi karbon 0 persen di masa mendatang.

“Pembiayaan berkelanjutan ini harus dibuat lebih detail dan menentukan cara setiap negara G20 mengimplementasikannya,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers (FMCBG) 1st Meeting, Presidensi G20 Indonesia, Jakarta, Jumat (18/2).

Dia menyebut ada pembahasan khusus terkait prinsip-prinsip lembaga keuangan yang akan memberikan pembiayaan untuk menangani perubahan iklim. Forum tersebut dipimpin langsung oleh China, Amerika Serikat dan lembaga-lembaga keuangan.

“Pembahasannya akan difokuskan pada hal-hal yang menyangkut sustainable finance, terutama di private sector termasuk pembahasan policy leverage,” kata dia.

Selain itu, dalam pembahasan lain anggota Presidensi G20 Indonesia juga membahas pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan. Setiap negara didorong untuk memiliki infrastruktur yang berkelanjutan

“Dalam pembahasan ini dibahas mengenai bagaimana bisa mendorong negara-negara membangun dan melaksanakan G20 roadmap to infrastructure class,” kata dia.

Pada topik ini pembahasannya mengenai cara pemanfaatan atau pelibatan partisipasi pihak swasta untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur. Baik dengan dana publik atau dana dari lembaga multilateral seperti Bank Dunia. Mengingat kebutuhannya mencapai USD 6,3 triliun per tahun di semua negara.

“Semua ini membutuhkan pembangunan infrastruktur yang baik,” kata dia.

Baca juga:
Sri Mulyani Akui Pemulihan Ekonomi Global Belum Merata
Negara G20 Sepakati Pajak Minimum Korporasi Global Dimulai Tahun Depan
Singgung Ketegangan Geopolitik, Komunike FMCBG G20 Berjalan Sengit
Forum Finance G20 Sepakat Awasi Perdagangan Aset kripto
Presidensi G20 Cari Solusi untuk 3 Negara Miskin Terlilit Utang
Anggota G20 Bahas Rencana Kenaikan Suku Bunga The Fed





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close