News

Tanda Kanker Prostat Bisa Dilihat dari Kandungan Urine


Tanda dalam urine lelaki mungkin terkait dengan kanker prostat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kanker prostat biasanya menyerang lelaki berusia di atas 50 tahun, dan risiko mengembangkan penyakit ini akan meningkat seiring bertambahnya usia. Faktor risiko kanker prostat termasuk merokok dan obesitas.


Namun, para ilmuwan selalu bekerja untuk mengetahui risiko dan gejala baru yang terkait dengan penyakit ini. Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh University of East Anglia, menemukan bahwa tanda dalam urine lelaki mungkin terkait dengan kanker prostat.


Para peneliti juga mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut bisa membantu menemukan cara baru, untuk mengenali dan mencegah penyakit itu. Apa tanda dalam urine yang bisa dikaitkan dengan kanker prostat?


Dilansir di laman Mirror pada akhir April lalu, para peneliti dari University of East Anglia telah mengidentifikasi bakteri dalam urine, yang dapat dikaitkan dengan kanker prostat. Studi ini menemukan bahwa bakteri ada dalam urine lelaki dengan kanker prostat, daripada pada lelaki tanpa kanker.


Para ilmuwan mengidentifikasi lima jenis bakteri (termasuk dua spesies baru) dalam sampel urine dan jaringan dari pria yang menderita kanker prostat. Infeksi bakteri sudah diketahui berperan dalam perkembangan kanker lainnya.


Misalnya, serangga bernama H Pylori dapat memicu kanker perut. Namun, belum diketahui apakah bakteri dalam urine menyebabkan kanker prostat atau hanya penanda risiko penyakit saja.


“Di antara hal-hal yang kita belum tahu adalah bagaimana orang bisa terkena bakteri ini, apakah mereka menyebabkan kanker atau apakah respons imun yang buruk memungkinkan pertumbuhan bakteri,” ujar salah seorang dari tim peneliti, dr Rachel Hurst.


Mereka masih terus melakukan penelitian, dan berharap pada masa depan ada hasil yang bisa membantu pencegahan kanker prostat, atau bisa membantu memberikan solusi pengobatan yang tepat. NHS menguraikan gejala umum kanker prostat, seperti:


– Sering buang air kecil, khususnya malam hari


– Selalu terburu-buru ke toilet


– Kesulitan untuk mulai buang air kecil (ragu-ragu)


– Mengejan atau membutuhkan waktu lama saat buang air kecil


– Aliran urine lemah


– Merasa kandung kemih belum dikosongkan sepenuhnya


– Darah dalam urine atau darah dalam air mani


Dalam kasus kanker prostat stadium lanjut, gejalanya dapat meliputi:


– Kehilangan kontrol usus


– Sakit di selangkangan


– Kaki bengkak


– Sakit pinggang atau punggung


– Merasa kehabisan napas


– Penurunan berat badan yang tiba-tiba


Meskipun gejala-gejala ini tidak selalu berarti menderita kanker prostat, penting bagi seseorang untuk memeriksakan diri jika mengalami salah satu dari gejala-gejala tersebut.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close