News

Tak Hanya Pepaya, Konsumsi Buah Ini Juga Bikin Lancar Buang Air Besar


Bisa jadi alternatif buah, untuk menyehatkan pencernaan.

Dream – Masalah buang air besar yang sulit, tentunya sangat menyiksa. Terutama jika berlangsung selama berhari-hari dan membuat perut sampai kesakitan. Bagi Sahabat Dream yang sering mengalami masalah buang air besar, mungkin kerap diminta untuk mengonsumsi pepaya untuk melancarkan pencernaan.

Lalu bagaimana jika tak suka pepaya? Tenang, ada buah lain yang juga manis dan menyegarkan, yaitu buah naga (Hylocereus undatus).

Buah ini memiliki rasa yang manis dengan kadar air cukup tinggi. Sangat nikmat disantap jika sudah didinginkan atau dijadikan jus. Kandungan serat pada buah naga cukup tinggi. Di dalam 100 gram buah naga terkandung 3 gram serat yang bisa mencukupi 12 persen kebutuhan serat harian.

Buah naga© Shutterstock

Serat ini, dikutip dari KlikDokter, sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan dan merangsang keluarnya feses, sehingga konsumsinya bermanfaat untuk mengatasi sembelit. Biji buah naga juga memiliki efek kuat untuk melancarkan buang air besar. Mengapa?

Hal itu karena biji buah naga mengandung polyunsaturated fatty acid yang mampu merangsang pergerakan usus dan memicu buang air besar.Adanya rangsangan pergerakan usus membuat sisa makanan lebih cepat turun ke bawah dan akhirnya dikeluarkan melalui buang air besar.

 

1 dari 2 halaman

Buah naga juga mengandung probiotik yang merupakan nutrisi bagi bakteri baik di usus. Mengonsumsi makanan mengandung probiotik dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus. Probiotik juga dapat mengurangi risiko infeksi saluran pencernaan dan diare.

8 Manfaat Buah Naga Merah: Dari Mengatasi Batuk hingga Kanker© MEN

Secara khusus, buah naga akan mendorong pertumbuhan bakteri Lactobacilli dan Bifidobacteria. Semua bakteri bermanfaat ini dapat membunuh virus dan kuman penyebab penyakit serta membantu proses pencernaan makanan sehingga buang air besar lebih lancar.

 

2 dari 2 halaman

Selain itu, buah naga juga diperkaya dengan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi buah naga dapat menangkal berbagai radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh dan mencegah penuaan dini.

Meski buah naga baik untuk pencernaan, tetapi jangan sampai lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan yang sangat penting untuk mencegah sembelit. Jika kurang minum, penyerapan air dari feses di usus besar akan meningkat. Dampaknya, feses pun menjadi keras dan buang air besar terasa menyakitkan.

Pastikan penuhi kebutuhan cairan agar buang air besar selalu lancar, dan konsumsi rutin buah naga. Penjelasan selengkapnya baca di sini.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close