TV

Sulit Tidur di Tempat Baru? Ternyata, Ada Penjelasan Ilmiahnya


Rabu, 20 Juli 2022 – 04:16 WIB

VIVA Lifestyle – Ketika pindah ke sebuah rumah baru, atau harus stay di hotel atau rumah orang lain dan menghabiskan malam, pernah kah kamu merasa sulit tidur atau tidur tak nyenyak? Padahal tubuh sudah lelah dan mata sudah berat, namun tetap saja sepertinya diri merasa gelisah dan sulit untuk tidur. 

Ilustrasi menguap / mengantuk / tidur.

Ilustrasi menguap / mengantuk / tidur.

Photo :

  • Pixabay/ victoria_borodinova

Ternyata, hal ini memang ada penjelasan ilmiahnya, lho. Melansir dari Bright Side, fenomena susah tidur atau susah tidur nyenyak di tempat baru disebut First-Night Effect atau FNE. FNE adalah masalah umum dan merupakan satu area studi di kalangan peneliti tidur. Tidak ada pemahaman umum mengapa FNE terjadi sampai penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Brown University menemukan penyebab FNE yang ternyata dapat dijelaskan secara ilmiah.

Ternyata, saat kita tidur di tempat baru, otak akan mengenalinya sebagai lingkungan yang berpotensi bahaya yang membuat kita tidak sepenuhnya tertidur. Ini sama seperti halnya lumba-lumba, dimana hanya satu belahan otak kita yang beristirahat saat tidur di tempat baru.

Yuka Sasaki, salah satu ilmuwan Universitas Brown, mengatakan bahwa “otak kita mungkin memiliki sistem miniatur dari apa yang dimiliki paus dan lumba-lumba”. 

Sebuah tim ilmuwan dari Brown University melakukan eksperimen dengan 35 sukarelawan sehat, mengundang mereka untuk menghabiskan 2 malam di laboratorium yang diberi jeda seminggu antara malam, dan meneliti aktivitas otak mereka. Dari penelitian tersebut, mereka menemukan asimetri kenyenyakan tidur antara otak kiri dan kanan. Belahan kiri otak tidak dalam kondisi tidur yang nyenyak seperti belahan kanan. Kondisi ini membuat seseorang lebih rentan dan sensitif terhadap suara aneh yang memberikan sinyal bahaya. Seminggu kemudian, pada malam kedua di lab, kenyenyakan tidur di antara belahan otak jauh lebih simetris. 

Sulit Tidur



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close