News

Smart Factory Forum Bahas Akselerasi Making Indonesia 4.0 di Sektor Industri Manufaktur



Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sektor industri manufaktur memiliki peran penting dalam mewujudkan “Making Indonesia 4.0”, karena menjadi salah satu penopang utama perekonomian nasional.

Karena itu, penerapan teknologi pintar dan diigitalisasi dalam sektor industri perlu dilakukan agar perusahaan mampu melakukan efisiensi dalam proses bisnis dan produksi serta menghasilkan produk berkualitas.

Kemenperin terus menggalakkan terbentuknya Ekosistem Industri 4.0 (SINDI 4.0) untuk membangun sinergi, koordinasi, kolaborasi di antara pemangku kepentingan dan pelaku industri dalam penerapan teknologi terbaru, dengan tujuan mengakselerasi transformasi industri 4.0 di Indonesia.

Baca juga: Bertemu Presiden Jerman, Jokowi Tekankan Pentingnya Kerjasama Industri 4.0

Selasa lalu, Kementerian Perindustrian bersama Naganaya Indonesia dan Federasi Telekomunikasi informasi Indonesia (FTII) menggelar Smart Factory Forum di Jababeka Cikarang, Jawa Barat.

Forum ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan besar Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022 yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian RI di bulan Agustus mendatang.

Smart Factory Forum hadir sebagai ajang bertukar pikiran dan diskusi pra – event antara pemangku kepentingan dengan para pelaku industri Nasional, sekaligus sosialisasi kegiatan Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022 kepada masyarakat industri.

Kegiatan ini menghadirkan para stakeholder di industri manufaktur termasuk pemangku kepentingan dan perwakilan perusahaan industri nasional sebagai pembicara.

Baca juga: Industri 4.0 Pengaruhi Sektor Pendidikan Islam, DKI Jakarta Percepat Digitalisasi Lewat Madrasah

Diantaranya dari Schneider Electric Indonesia, Siemens Indonesia, Bio Farma Indonesia, Kalbe Morinaga Indonesia, Akebono Brake Astra, Telkomsel IoT, serta ACA Pacific Indonesia.

Forum ini berhasil menjadi wadah memperkuat jaringan antara pembuat kebijakan, pelaku industri, penyedia teknologi dan para ahli industri dalam berbagi gagasan dan hasil riset terkait teknologi dan solusi terkini sebagai rumusan untuk mendukung percepatan transformasi industri di Indonesia.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close