News

Siap-siap, Siaran Analog di Jabotedabek Bakal Dimatikan 5 Oktober


Merdeka.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) beserta lembaga penyiaran swasta sepakat untuk mematikan siaran analog di wilayah Jabodetabek pada Rabu, 5 Oktober 2022. Hal itu disampaikan Rosarita Niken Widiastuti, Ketua Tim Komunikasi Publik Migrasi TV Digital.

“Pada kesempatan hari ini, Kominfo mengumumkan bahwa wilayah Jabodetabek dan sekitarnya telah memenuhi kriteria ASO (Analog Switch Off). Maka penghentian siaran televisi analog oleh seluruh Lembaga Penyiaran di Jabodetabek akan dilakukan secara serempak pada 5 Oktober 2022 pukul 24.00 WIB,” kata Niken saat konferensi pers di Gedung Kominfo, Jakarta, Jumat (23/9).

Dilanjutkannya, akan ada 14 kota/kabuptaen di Jabodetabek yang akan terdampak yakni Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Kab. Adm. Kepulauan Seribu, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Sementara terkait dengan bantuan Set Top Box (STB) untuk rumah tangga miskin, Niken menyebutkan telah terlaksana sebanyak 63,4 persen dari 479.307. Ia pun optimis sebelum target 5 Oktober 2022, distribusi STB sudah selesai.

“Pelaksanaan distribusi STB baik yang dilakukan oleh penyelenggara multipleksing dan yang dibiayai oleh anggaran negara, saat ini berjalan sesuai dengan rencana dan terus kami pantau secara harian untuk dituntaskan sebelum 5 Oktober 2022,” jelas dia.

[faz]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.