Sports

Seperti Stoner, Dovi, Capirossi di Motegi



Jakarta

Para rider Ducati sedang mendominasi MotoGP 2022 dalam beberapa seri terakhir belakangan ini. Akankah berlanjut di Motegi akhir pekan nanti?

Lima balapan terakhir musim ini rutin menghadirkan rider Ducati di podium teratas. Hal itu pula yang membuat pabrikan asal Italia tersebut sudah dipastikan juara konstruktor dengan lima seri tersisa.

MotoGP Jepang 2022 di sirkuit Motegi kini menanti untuk dijalani pada akhir pekan. Balapan seri ini sendiri kembali hadir setelah absen dua musim akibat imbas pandemi COVID-19.

Menilik statistik, pabrikan Honda masih menjadi yang tersukses di sirkuit Motegi yang mulai menjadi arena balap MotoGP Jepang sejak 1999. Honda punya sembilan kemenangan MotoGP di Motegi.

Ada Marc Marquez yang menyumbang tiga kemenangan terakhir Honda di Motegi. Ia melakukannya pada 2016, 2018, dan 2019.

Dari hal itu, terlihat bahwa ada satu musim Motegi tak dikuasai Marquez dalam rentetan suksesnya di sana. Pada tahun 2017, ada Andrea Dovizioso yang menjadi pemenang MotoGP Jepang.

Kesuksesan Dovi itu merupakan kali kelima rider Ducati berjaya di Motegi. Ducati sendiri menjadi pabrikan tersukses kedua setelah Honda dalam urusan jumlah kemenangan dalam race MotoGP di Motegi.

Selain Dovi, empat kemenangan lain Ducati ditorehkan oleh Casey Stoner (2010) dan Loris Capirossi (2005, 2006, 2007).Dengan tiga kemenangan di Motegi, Capirossi sekaligus menjadi salah satu rider tersukses kelas primer di sirkuit itu bersama-sama dengan Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang sama-sama tiga kali berjaya di sana.

Sirkuit Motegi dalam gelaran MotoGP Jepang 2022 menanti untuk dijalani akhir pekan ini. Akankah para rider Ducati macam Francesco Bagnaia yang terpaut 10 poin dari Fabio Quartararo di puncak klasemen, Enea Bastinini si pemenang Aragon pekan lalu, atau yang lainnya bisa menyamai kesuksesan Dovi, Stoner, dan Capirossi naik podium tertinggi?

(krs/yna)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.