Sports

Sebelum FIBA Asia Cup 2022, Indonesia Gelar Tur Trofi di Ibu Kota


Jakarta

Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2022 Junas Miradiarsyah menyebut Indonesia akan lebih dulu menggelar tur trofi sebelum acara utamanya digelar. Mana saja rutenya?

Indonesia menjadi tuan rumah single event bola basket terbesar di Asia. Ajang itu akan bergulir di Istora Gelora Bung Karno (GBK) mulai 12 hingga 24 Juli mendatang.

Menatap persiapannya, Junas menyebut, telah melakukan berbagai rancangan guna menggemakan event olahraga basket tersebut di tengah masyarakat. Terutama di kawasan Ibu Kota, sebagai lokasi tempat selenggaranya FIBA Asia Cup 2022.

Salah satu yang dipersiapkan di antaranya menggelar tur trofi yang dimulai 5 hingga 10 Juli nanti. “Tur trofi ini memang sudah bergerak dari Lebanon, lalu Syria, kemudian Arab Saudi, Jepang dan seterusnya. Terakhir sebelum kita menerima akan berada di Filipina,” kata Junas dalam jumpa persnya di Kantor Kemenpora, Kamis (23/6/2022).

“Jadi kami menerima dari Filipina. Nah tanggal 5 Juli itu sudah sampai di Indonesia, di Jakarta. Mulai dari sana hingga 9 Juli akan ada pengiraban piala tersebut.”

Junas menjelaskan bahwa tur trofi bukan sekadar seremoni sebelum pembukaan, tapi juga bagian dari upaya memasyarakatkan bola basket di Indonesia, warga Ibu Kota khususnya. Bagaimana pun, penyelenggaraan FIBA Asia Cup diharapkan mendapat partisipasi dari masyarakat luas.

“Tak menutup kemungkinan basket semakin digemari sehingga kegiatan tur dan parade dapat meningkatkan momentum bahwa bola basket bisa terus dikembangkan,” ujarnya.

Menyoal rute yang akan ditempuh selama pelaksanaan tur trofi tersebut akan dimulai dari kawasan Thamrin 10 kemudian berjalan ke Gedung Sapta Pesona, dan berakhir di Monas. “Jadi puncak aktivitasnya di Monas,” sebutnya.

Sementara untuk pembukaan, Junas menyebutkan, bahwa acara FIBA Asia Cup sudah memiliki aturan sendiri sehingga saat hari pertama pertandingan tidak akan ada seremoni atau pembukaan seperti ajang lain.

Sebagai gantinya, seremoni pembukaan akan dilakukan pada malam sebelum pertandingan pertama dengan menggelar gala dinner yang dihadiri wakil-wakil dari negara peserta.

“Harapan kami Bapak Presiden (Joko Widodo) jika berkenan bisa menghadiri saat pertandingan Indonesia di tanggal 12, 14, dan 16 Juli,” kata Junas.

Di FIBA Asia Cup 2022, Indonesia berada di Grup A bersama Yordania, Arab Saudi, dan juara bertahan Australia.

(mcy/cas)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close