Sports

SEA Games 2021, Catatan Terburuk Olahraga Malaysia


Rabu, 25 Mei 2022 – 13:20 WIB

VIVA – Kontingen Malaysia di SEA Games 2021 mendapat kritik keras. Mereka dianggap mencatatkan hasil paling buruk dalam sejarah olahraga sejak 63 tahun lalu.

Pemerhati olahraga Malaysia, Dr Pekan Ramli berbicara kepada Berita Harian mengenai hal ini. Dia memberi sejumlah paparan untuk menguatkan penilaian.

Yang pertama adalah fakta mengenai catatan Malaysia merebut 39 medali emas di SEA Games 2021. Hasil itu membuat mereka ada di urutan keenam klasemen perolehan medali.

Padahal secara jumlah kontingen, Malaysia mengirimkan total 589 atlet. Itu jauh lebih banyak dari Indonesia yang punya 499 atlet, tapi berhasil merebut 69 medali emas.

“Orang bilang ini adalah pencapaian terburuk dalam kurun waktu 40 tahun, tapi berdasar kajian saya, sebenarnya adalah yang terburuk sejak SEA Games diperkenalkan 63 tahun lalu,” kata Ramli.

“Pencapaian terburuk kita sebelum ini adalah SEA Games 1983 Singapura di mana kita dapat 16 medali emas saja dan menempati peringkat keenam. Tapi waktu itu cuma ada delapan negara dan 18 cabang olahraga yang dipertandingkan, perebutan medali emas juga 234,” imbuhnya.

Semifinal SEA Games 2021 antara Malaysia vs Vietnam

Semifinal SEA Games 2021 antara Malaysia vs Vietnam

Photo :

  • Facebook Vietnamese Football



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close