TV

Ridwan Kamil Ungkap Amal Kebaikan Eril Semasa Hidup: Kamu Sejatinya Adalah Pahlawan


WowKeren
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah mengikhlaskan kepergian Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) yang hilang di Sungai Aare, Swiss. Melalui unggahan terbarunya, gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menceritakan amal kebaikan Eril semasa hidup.

Kembali pada 26 Mei 2022, Eril dinyatakan hilang setelah terseret arus sungai Aare saat berenang bersama ibu dan adiknya. Setelah dilakukan pencarian selama lebih dari satu minggu, pihak keluarga menyatakan bahwa Eril telah meninggal dunia karena tak kunjung ditemukan.

Dalam unggahan terbarunya, Ridwan Kamil mengungkapkan amal kebaikan Eril semasa hidup atas saran ulama. Kang Emil juga merasa bahwa ini adalah hak dari almarhum Eril yang wajib ditunaikan.

Ananda Emmeril Kahn Mumtadz, mungkin umur biologisnya hanya 23 tahun, namun dengan luasnya amal kebaikannya, Insya Allah sungguh ia pergi dalam panjang umur,” ungkap Ridwan Kamil dikutip dari unggahannya pada Minggu (5/6/2022).

Ridwan Kamil Ungkap Amal Kebaikan Eril Semasa Hidup

Source: Instagram

Ridwan Kamil menulis bahwa Eril lahir pada 25 Juni 1999 di New York, dan berpulang di Bern 24 Mei 2022, saat mencari sekolah untuk melanjutkan studinya ke jenjang S2.

Tidaklah penting kita lahir dan pulang di mana. Karena sesungguhnya semua tempat di dunia ini adalah bumi Allah SWT. Eril, kamu niatnya pergi mencari ilmu dan pelajaran, malah akhirnya, kamulah yang memberikan ilmu dan pelajaran kepada kami semua,” lanjut sang gubernur.

Ridwan Kamil tidak menyangka bahwa ada banyak sekali orang yang mendoakan Eril. Kang Emil lebih lanjut menyebutkan satu per satu amal kebaikan yang dianggapnya telah disiapkan sang putra untuk menjadi bekal ketika perjalanannya di dunia sudah selesai.

Dear Eril, ayahmu ini baru tahu, bukan hanya ratusan atau ribuan tapi jutaan yang mendoakanmu, Ril. Dari anak-anak yatim di desa-desa, tukang ojek dan becak di belokan jalan kota sampai ulama-ulama di Palestina. Dari mereka yang dekat dengan hatimu sampai mereka yang sama sekali tidak mengenalmu,” ungkapnya.

Dari tulisan Ridwan Kamil, Eril rupanya melakukan banyak perbuatan baik semasa hidupnya. Mulai dari membelikan baju Lebaran kepada anak-anak yatim, hingga bagi-bagi THR dari uang sendiri ke satpam-satpam.

Meskipun terlahir dari keluarga mampu, Eril masih bekerja sambilan sambil kuliah. Ridwan Kamil juga menyinggung kebaikan Eril memimpin anak-anak muda membagikan sedekah kepada panti asuhan dan kaum duafa.

Mungkinkah ini berkah dari kebaikanmu selalu melindungi sesama manusia di sekelilingmu, Ril? Bahkan di saat kejadian itu, kamu selamatkan ibumu dengan melarangnya masuk ke sungai dan kamu relakan pelampung itu untuk adikmu. Kamu sejatinya adalah pahlawan,” tulisnya.

Ridwan Kamil mendoakan Eril tenang. Kang Emil juga masih berharap jasad putra sulungnya akan ditemukan suatu saat nanti.

Jika ada dosa dari kami selama ini, kami memohon maaf kepadamu atas segala kekurangan kami, demikian pula sebaliknya. Apapun itu. Agar kamu tenang bersama-Nya. Teriring doa kami di setiap helaan napas dan tetes air mata ini untukmu anakku,” tulis Ridwan Kamil.

Sungai Aare akan terang-benderang, karena jutaan doa-doa ini akan menjadi cahaya yang menerangi ketenangan tempatmu sekarang, Ril. Sampai kita berjumpa lagi, saat kamu bukakan pintu gerbang itu,” imbuhnya.

(wk/chus)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.