TV

Posko Mudik Unik Ala Pecinta Alam, Pemudik Bisa Nginep di Tenda Dome


Senin, 2 Mei 2022 – 06:00 WIB

VIVA – Rest area atau posko mudik menjadi solusi bagi pemudik yang ingin istirahat di tengah perjalanan panjang. Ada yang permanen seperti rest area di jalan tol, atau juga posko mudik yang insidentil pada setiap musim arus mudik berlangsung. Biasanya posko seperti ini dibuat oleh komunitas masyarakat.

Seperti posko mudik sekaligus rest area yang dibuka oleh gabungan komunitas di Kota Semarang. Mereka terdiri dari kelompok pecinta alam, pendaki gunung, Semarangkers, dan komunitas anak muda lainnya.

Rest area untuk istirahat pun lain dari yang lain. Mereka menyediakan tenda dome ala pendaki gunung. Lokasinya ada di daerah ketinggian kawasan Gombel, di sisi jalan utama Semarang-Solo. Selain berhawa segar,  panorama juga indah.

Dari lokasi, pemudik dapat melihat Kota Semarang bawah yang gemerlap kalau malam, dan lembah Gombel yang hijau. Menurut koordinator posko, Joko, kegiatan ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu.

“Idenya datang dari kawan-kawan komunitas ya, ada dari pendaki gunung, pecinta alam, komunitas Semarang angker atau Semarangkers, dan lain-lain. Mereka membuat tempat khusus untuk para pemudik yang ingin istirahat. Kami sediakan tenda komando, ada juga tenda camping. Sambil istirahat bisa menikmati camping juga,” kata Joko, Minggu 1 Mei 2022a.

Selain tempat untuk istirahat dan menginap, pemudik juga bisa menikmati makanan dan minuman. Juga untuk kebutuhan MCK, disediakan toilet dan kamar mandi.

“Jadi ini inisiatif kawan-kawan ya, mereka berusaha bersama untuk menyediakan logistik. Kan para pemudik ini pastinya lelah dan butuh asupan logistik, baik yang naik mobil, apalagi yang naik sepeda motor. Kita sediakan untuk mereka,” kata Joko.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close