TV

Perlu Regulasi Jelas Sehatkan Ekosistem Trading di Indonesia


Senin, 11 April 2022 – 16:02 WIB

VIVA – Pemerintah khususnya Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) diminta serius terkait maraknya kasus robot trading ilegal. Masyarakat harus teredukasi dengan baik dalam pemahaman robot trading legal dan ilegal.

Demikian disampaikan Anggota Komisi VI DPR Intan Fauzi. Menurutnya, kasus robot trading ilegal mesti jadi perhatian agar ekosistem sistem keuangan digital di Tanah Air berjalan dengan baik dan masyarakat juga tak dirugikan.

Intan bilang masyarakat mesti mendapat edukasi sehingga bisa paham antara trading yang legal dan ilegal.

“Perkembangan dunia digital sangat cepat sehingga perlu mengejar infrastruktur dan menyiapkan regulasi yang jelas untuk robot trading agar yang legal tidak terbentur aturan,” kata Intan, dalam keterangannya, Senin, 11 April 2022.

Dia mengatakan Indonesia jangan ketinggalan dengan ekosistem trading yang berkembang seperti kripto, non-fungible token (NFT), dan metaverse. Sebab, jika tertinggal akan menyebabkan pihak asing masuk. 

Intan khawatir jika seperti itu, maka masyarakat hanya sekadar jadi pasar produk luar negeri. “Pemerintah perlu tanggap dan responsif,” kata Intan.

Pun, Intan menambahkan, pentingnya peran Bappebti untuk mencegah, mengawasi, dan menutup yang ilegal. Menurut dia, untuk pencegahan bisa dengan edukasi dan literasi secara masif. “Agar masyarakat tahu mana perusahaan trading yang legal dan ilegal,” ujar politikus PAN itu.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close