TV

OCTA Siap Ramaikan HUT ke-77 RI dengan Bersepeda Keliling Jakarta


Minggu, 7 Agustus 2022 – 01:04 WIB

VIVA Sport – Banyak cara bisa dilakukan guna memeriahkan Hari Ulang Tahun sekaligus Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya dengan mengadakan pawai.

Seperti yang dilakukan oleh para pecinta sepeda ontel atau ontelis. Mereka berencana melakukan aksi Ontel Cinta Tanah Air (OCTA) atau bersepeda bersama dalam rangka HUT ke-77 Republik Indonesia. Event tersebut bakal dilaksanakan pada Minggu, 14 Agustus 2022.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Mohammad Fadil Imran menurut rencana ikut meramaikan OCTA bersama para ontelis, di mana beberapa tamu kehormatan lain seperti Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, dan Kepala Dinas Olahraga Provinsi DKI Jakarta Achmad Firdaus, juga dijadwalkan hadir.

Selain Kapolda Metro Jaya, puluhan komunitas sepeda ontel seperti Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), Persaudaraan Sepeda Ontel Nusantara (PESONA), Komunitas Ontel Batavia (KOBA), Bintaro Ontel Solidarity (BOS), bahkan sejumlah komunitas dari berbagai penjuru Nusantara seperti Bogor, Bandung, Yogyakarta, Lampung, Palembang, dan Sulawesi telah siap ikut meramaikan OCTA, serta ada juga dari Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (Padasuka) pimpinan KH Syarif Rahmat.

Para peserta OCTA akan memulai aksi bersepeda mereka dari Plaza Barat Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta sekitar pukul 06.00 WIB. Setelah itu menuju Mapolda Metro Jaya, lalu melalui Jl Gatot Soebroto mengarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, kemudian ke makam Pangeran Jayakarta di Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, lanjut ke Kota Tua, hingga finis kembali di area Plaza Barat GBK.

Kiai Syarif menuturkan lebih dalam kenapa dia menyukai komunitas sepeda ontel dan mendukung OCTA.

“Saya telah bergaul dengan banyak orang dan perkumpulan, tapi kebanyakan dari mereka malah berlomba membesarkan diri saat bertemu. Tapi ada sekelompok orang yang tak memikirkan diri mereka sendiri. Mereka rela berkeringat dan bergerak bersama. Itulah komunitas sepeda ontel, yang tak saling tanya soal biaya, atau nanti pulang bawa apa. Mereka memelihara dua unsur yang mulai hilang saat ini, kesederhanaan dan kebersamaan,” kata Kiai Syarif.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close