News

MUI Jateng Pastikan Daging Hewan Tertular PMK Tetap Halal Dikonsumsi


Merdeka.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah memastikan hewan kurban yang tertular penyakit mulut dan kuku (PMK) masih bisa disembelih, karena tidak berbahaya bagi kesehatan manusia. Namun bisa menulari hewan lainnya.

“Jadi dagingnya tetap halal dikonsumsi karena tidak menular pada manusia. Sehingga hewan ternak tetap boleh disembelih. Saya rasa kalau kita berhati-hati dalam proses penyembelihan pasti tidak menyebabkan hewan lain tertular,” kata Ketua MUI Jateng, KH Ahmad Daroji, Semarang, Selasa (7/6).

Dia menyarankan masyarakat untuk penyembelihan hewan kurban pada hari raya Iduladha 2022 harus dilakukan di rumah pemotongan hewan (RPH). Bila hewan kurban dilakukan di masjid maupun balai RW, umat Islam diwajibkan mengundang petugas RPH serta petugas Dinkes untuk mengawasi dari segi sterilisasi dagingnya untuk mengurangi penularan PMK.

“Jadi kalau mau menyembelih hewan kurban harus dilakukan di RPH agar tidak terjadi penularan. Sebab yang bisa menyembelih dengan aman para petugas jagal di RPH. Kita minta perwakilan RPH datang mengawasi jalannya kegiatan penyembelihan hewan kurban. Kami minta masyarakat bisa memberikan edukasi supaya dapat meningkatkan kehati-hatian bagi masyarakat yang menyembelih hewan kurban,” terangnya.

Sedangkan umat Islam wajib memperhatikan bagian daging kurban yang harus dihindari penyebab sumber penularan penyakit mulut dan kuku. Bagian daging kurban yang harus dihindari mulai lidah sapi atau kambing, cingur, kepala dan bagian kaki.

“Banyak hewan ternak yang tertular PMK, kita anjurkan agar umat Muslim menghindari bagian kepala dan kaki, sebisa mungkin jangan mengonsumsi bagian lidah, kepala dan kaki sapi maupun kambing. Di luar itu masih boleh dikonsumsi,” jelasnya.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Tengah, M Rofik mengatakan hewan kurban yang boleh disembelih saat Iduladha adalah yang bebas dari penularan PMK. Dia meminta umat Islam harus jeli saat membeli hewan kurban. Hewan kurban yang disembelih harus dipastikan benar-benar sehat.

“Kalau dalam syariat Islam sudah dijelaskan bahwa hewan yang boleh disembelih saat Iduladha yakni sapi, kambing atau domba yang benar-benar sehat dan tidak tertular penyakit yang berbahaya,” pungkasnya.

[cob]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.