TV

Lukisan Siluet di Botol Bekas


Rabu, 31 Agustus 2022 – 22:42 WIB

VIVA – Kurangnya kesadaran akan pengelolaan limbah, mengakibatkan sampah terus menumpuk di lingkungan sekitar kita. Tak terkecuali sampah botol kaca bekas yang menumpuk tak terpakai di rumah. 

Sampah-sampah yang kurang menarik tersebut membuat kita enggan melihat bahkan meliriknya. Padahal jika mau berusaha, sampah-sampah tersebut dapat menjadi barang-barang yang berguna dan memiliki nilai ekonomis, bahkan jika dikelola dengan benar dapat menjadi peluang usaha. Dari sinilah perlu adanya pemanfaatan botol kaca bekas agar tidak menumpuk menjadi sampah dan terbuang sia-sia.

Untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya solusi dan cara dalam memanfaatkan botol kaca bekas agar lebih berdaya guna, salah satunya dapat dijadikan hiasan menarik seperti benda pajangan dan vas bunga berupa botol lukis siluet spray. Dewasa ini penggunaan barang-barang keseharian yang bisa dipakai ulang sedang marak digaungkan, terutama dengan pemakaian produk-produk daur ulang yang ramah lingkungan.

Jadi sangatlah tepat jika pembuatan hiasan berupa benda pajangan  dan vas bunga ini menjadi salah satu alternatif solusi untuk mengurangi sampah botol di lingkungan, karena selain tidak membutuhkan biaya yang mahal dalam membuatnya, bahan baku yang dibutuhkan juga mudah didapat di lingkungan sekitar kita.

Menurut Kristanti Handayani, S.Pd., guru Seni Budaya SMAN 1 Taman Sidoarjo, melukis di media botol kaca bekas menggunakan teknik siluet spray juga sangatlah cocok dengan pembelajaran Seni Budaya pada KD 4.1 dan materi Berkarya Seni Rupa 2D. Selain bahan baku yang terjangkau melukis dengan teknik siluet spray tersebut juga mudah untuk dipahami dan dipraktikkan oleh siswa tingkat SMA.

Teknik siluet sendiri memiliki pengertian yaitu teknik menutup objek gambar dengan menggunakan satu warna sehingga menimbulkan kesan blok, atau gambar yang dibuat dengan bentuk menyeluruh secara blok pada bentuk yang diinginkan. Teknik siluet terdiri dari 2 macam, yaitu: siluet positif dan negative. Siluet positif artinya menggambar dengan memberikan warna blok pada bentuk yang diinginkan, sedangkan siluet negatif adalah menggambar dengan memberikan warna/blok di sekitar/di luar bentuk yang diinginkan dan biasanya menjadi back ground.

Untuk membuat botol lukis teknik siluet perlu disiapkan alat dan bahan sebagai berikut, botol kaca bekas; cat spray warna; cetakan motif/gambar dari kertas atau kertas stiker; lem kertas; dan cat spray bening. Pada pembuatan botol lukis teknik siluet spray kali ini telah dimodifikasi dalam pewarnaanya. Pewarnaan botol tidak hanya menggunakan satu macam cat spray saja, tetapi bisa dikombinasi dua warna dan di padu dengan gliter agar lebih indah.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close