TV

Lebih Hemat Ketimbang LPG, Jargas Mampu Tarik Minat Masyarakat?


Sabtu, 19 Februari 2022 – 01:30 WIB

VIVA – Pemerintah menargetkan pembangunan 4 juta sambungan jaringan gas bumi untuk rumah tangga pada 2024. Target tersebut pun sejalan dengan minat masyarakat menggunakan energi bersih tersebut.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Achmad Muchtasyar mengungkapkan, jargas atau gas kota dapat menjadi solusi energi yang lebih ramah lingkungan dan ekonomis. Dijelaskannya, jargas memiliki nilai lebih hemat jika dibandingkan secara makro ekonomi dengan LPG yang 60 persen masih impor.

“Keunggulan gas bumi kalau kita bandingkan dengan segi harga, kita membandingkan gas bumi dengan LPG 12 kg. Mengingat unitnya berbeda, kita langsung menguji secara praktial untuk memasak air 10 Liter. Maka pengeluaran menggunakan gas sebesar Rp1.688. Namun untuk memasak air dengan volume yang sama, memerlukan Rp2.095 menggunakan LPG 12 KG,” papar Achmad dalam FGD dengan Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi (FTKE) Universitas Trisakti, dikutip Sabtu, 19 Februari 2022.

Seorang pekerja mengangkat tabung gas elpiji 12 kilogram di salah satu agen gas di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta.

Seorang pekerja mengangkat tabung gas elpiji 12 kilogram di salah satu agen gas di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta.

Photo :

  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Dalam perbandingan tersebut, gas bumi menggunakan harga Rp10.000 per m3 dan LPG 12 KG seharga 187.674 per tabung. LPG 12 KG dijadikan acuan, karena LPG 12 kg bukan energi bersubsidi, sehingga perbandingannya bisa setara. Mengingat LPG 3 kg merupakan energi bersubsidi yang sasarannya untuk masyarakat berkemampuan ekonomi rendah.

“Jargas atau citygas adalah suatu peradaban atau lifestyle, sehingga dengan adanya jargas menunjukkan peradaban yang sudah meningkat, ” imbuhnya.

PGN sebagai pemegang amanat untuk merealisasikan target pembangunan 4 juta sambungan jaringan gas bumi untuk rumah tangga, akan melakukan pengembangan jargas yang masif.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close