News

Komnas HAM Belum Dihubungi Polri Terkait Kasus Baku Tembak Ajudan Kadiv Propam



Laporan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik mengatakan hingga saat ini pihaknya belum dihubungi Polri terkait kasus baku tembak ajudan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo.

Taufan mengatakan pihaknya saat ini masih menunggu dari pihak Kepolisian.

Ia mengatakan nantinya Komnas HAM akan memutuskan di internal terkait hal tersebut.

“Nanti kami putuskan di internal kami dengan kami pelajari dulu permintaan Kapolri. Terima kasih atas kepercayaan Polri ke Komnas HAM,” kata Taufan ketika dihubungi Tribunnews.com pada Selasa (12/7/2022).

Senada dengan Taufan, Komisioner Komnas HAM RI Bidang Pemantauan dan Penyelidikan M Choirul Anam juga mengaku belum dihubungi secara resmi oleh pihak kepolisian.

Anam mengatakan Komnas HAM juga telah membaca di media massa terkait pernyataan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang akan melibatkan Komnas HAM dalam penanganan kasus baku tembak ajudan Ferdy.

Ia pun berterima kasih dengan kepercayaan yang diberikan Polri kepada Komnas HAM.

Baca juga: Brigadir J Tewas di Rumah Kadiv Propam, Kapolri Jenderal Listyo Tolak Sanksi Nonaktifkan Ferdy Sambo

“Namun demikian, kami harus mempelajari dulu, harus bertemu, harus berdiskusi dulu. Karena apa? Karena salah satu yang penting dalam penanganan Komnas HAM itu adalah menjaga akuntabilitas, menjaga transparansi, dan bagaimana prinsip-prinsip hak asasi manusia juga masuk dalam semua penanganan kasus yang terjadi di Republik ini,” kata Anam ketika dihubungi Tribunnews.com pada Selasa (12/7/2022).

“Jadi kami akan tunggu, dan kami juga akan bertanya, apakah prinsip-prinsip tersebut, akuntabilitas, transparansi, bisa kita gunakan secara bersama-sama,” lanjut dia.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close