TV

Kisah Nabi Muhammad, Mulai dari Kelahirannya hingga Wafat


Selasa, 25 Januari 2022 – 18:14 WIB

VIVA – Kisah Nabi Muhammad SAW tentunya sudah diketahui oleh sebagian besar umat Muslim yang berada di seluruh dunia. Tak hanya kisahnya saja, bahkan Nabi Muhammad SAW juga memiliki mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT. Kisah Nabi Muhammad SAW bukan hanya sebuah cerita tapi merupakan suatu yang menjadi anutan yang dapat diterapkan dalam kehidupan. Karena seperti yang kita ketahui ada banyak sifat-sifat baik yang ada pada diri Nabi Muhammad SAW dan menjadi teladan bagi umatnya. 

Peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW juga diperingati oleh umat Islam dalam Maulid Nabi. Kali ini akan kita bahas bagaimana perjalanan atau kisah hidup Nabi Muhammad SAW hingga akhir hayatnya yang penuh dengan perjuangan di mana tidak selalu mudah dan selalu bahagia. Ada berbagai tantangan dan cobaan yang diberikan oleh Allah SWT dalam perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW. Maka dari itu, berikut ini akan dibahas kisah Nabi Muhammad SAW secara jelas dan rinci mulai dari kelahirannya hingga akhir hayatnya. 

Kisah Nabi Muhammad Dilahirkan

Ilustrasi Nabi Muhammad SAW.

Ilustrasi Nabi Muhammad SAW.

Kisahnya akan kita mulai dari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang dimana beliau lahir pada hari Senin, 12 Rabi’ul Awal tahun 571 di Mekah berdasarkan kalender Romawi atau sekitar 1450 tahun yang lalu. Ibu Rasulullah SAW bernama Aminah dan ayahnya bernama Abdullah. 

Tahun kelahiran Nabi Muhammad juga disebut dengan sebutan Tahun Gajah karena pada saat itu Ka’bah diserang oleh pasukan gajah yang dipimpin oleh Abrahah Habasyah. Namun aksi penyerangan Ka’bah itu dihentikan oleh Allah SWT dengan mendatangkan burung ababil yang menjatuhkan batu-batu yang membawa wabah penyakit. 

Kisah Nabi Muhammad SAW lahir tertuang di Alquran dalam Surah Al Fil yang berarti Tahun Gajah. Pada masa itu Nabi Muhammad SAW dilahirkan dan beliau tumbuh besar sebagai seorang anak yatim karena sebelum usianya menginjak genap 3 tahun, Abdullah ayahnya sudah meninggal dunia. Kemudian Nabi muhammad SAW dibesarkan oleh kakeknya yang bernama Abdul Muthalib.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close