News

Khazanah Ramadhan Republika


REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA– Beberapa ahli mengatakan berenang saat berpuasa selama bulan suci Ramadhan dapat membantu menghilangkan kelebihan lemak tubuh sekaligus menjaga tubuh tetap berenergi. 

Dilansir dari Jordan Times pada Selasa (12/4), berenang adalah olahraga penting yang memiliki banyak manfaat, dengan banyak orang berenang setiap hari untuk berbagai tujuan. Tidak hanya membantu Anda tetap bugar, itu juga bermanfaat untuk pemulihan dari banyak kondisi kesehatan.

Pelatih Renang Abdulrahman Jadallah mengatakan waktu terbaik bagi orang-orang dalam kondisi baik untuk berenang selama Ramadhan adalah sebelum buka puasa.

“Saya merekomendasikan bahwa orang tua atau mereka yang menderita diabetes, tekanan darah tinggi atau kondisi jantung harus berenang setidaknya dua jam setelah berbuka puasa,” kata dia.

Kemudian, ia melanjutkan berenang selama periode puasa sangat ideal untuk kaum muda terutama jika orang tersebut mencoba menurunkan berat badan karena membantu membakar lemak.

Ia mencatat bahwa yang terbaik adalah berenang saat berpuasa tidak melebihi 45 menit hingga satu jam agar tidak melelahkan tubuh karena tubuh sudah kekurangan cairan dan energi.

“Berenang satu jam sebelum buka puasa adalah waktu terbaik untuk berlatih, pastikan melakukan pemanasan dengan benar dan juga melakukan peregangan setelah berenang,” kata dia.

Ia menekankan pentingnya mengisi bahan bakar tubuh dengan semua nutrisi agar tetap kuat, energik dan menghindari kehilangan otot serta memastikan untuk minum setidaknya tiga liter air antara buka puasa dan sahur.

Sementara itu, Pelatih Renang Hamza Helmi mengungkapkan kalau berenang saat berpuasa dapat membuat seseorang merasa lebih energik dan mengembalikan metabolisme tanpa membebani tubuh. Namun, memberikan manfaat aerobik yang signifikan.

“Berenang saat berpuasa memiliki potensi pertumbuhan otot yang lebih rendah tetapi memiliki peran besar dalam membakar lemak,” kata dia.

Menurutnya, tubuh terhidrasi dengan suhu air di kolam, sehingga jumlah keringat dan kehilangan cairan tubuh lebih sedikit karena menjaga suhu tubuh.

“Sebaiknya berenang di tempat tertutup saat berpuasa dan jangan sampai terkena sinar matahari, sehingga tidak mengarah pada hasil yang negatif,” kata dia.

Fisioterapis Sally Juma’a mengatakan berenang memiliki manfaat yang besar untuk otot serta seluruh tubuh. Penting untuk terus bergerak selama Ramadhan, karena banyak orang, terutama orang tua berpikir bahwa mereka tidak boleh melakukan apapun karena berpuasa, itu salah,” kata dia.

Ia menambahkan manfaat berenang untuk orang tua dan siapa saja yang menderita nyeri tubuh atau kejang otot dan banyak kondisi lainnya, karena berenang membutuhkan lebih sedikit usaha daripada bentuk latihan lainnya sambil tetap memberikan dampak yang besar dan memberikan hasil bagi tubuh.

“Baik sebelum atau sesudah berbuka puasa, lebih baik menggerakkan tubuh satu atau lain cara.  Saya merekomendasikan berenang untuk sebagian besar pasien saya karena memberikan latihan seluruh tubuh, karena hampir semua otot digunakan selama berenang, yang membantu membangun kekuatan otot, daya tahan dan memberikan elemen relaksasi juga,” kata dia.

Sumber

http://www.jordantimes.com/news/local/swimming-has-pool-health-benefits-even-while-fasting-—-experts





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close