Sports

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang


Jumat, 12 Agustus 2022 – 07:02 WIB

VIVA Sport – Asian Games 2018, Jakarta-Palembang,  diwarnai sejumlah cabang olahraga baru. Salah satunya adalah Sambo, yang termasuk dalam kategori olahraga beladiri.

Sambo baru pertama kali dipertandingkan di Asian Games 2018. Dan, Indonesia menjadi negara pertama yang menggelar Sambo di turnamen multievent terbesar se-Asia tersebut.

Keputusan memasukkan Sambo sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018, diambil saat pertemuan antar NOC di Bangkok, 19 Mei 2018. Lantas, beladiri seperti apa Sambo itu?

Ini adalah beladiri asal Uni Soviet yang diperkenalkan oleh dua penggiat beladiri, Viktor Spiridonov dan Vasili Oshchepkov. Keduanya memang menjadi kreator beladiri yang memiliki kepanjangan Samozashchita Bez Oruzhiya, dan berarti ‘Beladiri Tanpa Senjata’.

Pada dasarnya, Spiridonov dan Oshchepkov, menggabungkan beberapa beladiri yang mengandalkan teknik submission macam catch wrestling, judo, jujutsu, kurash, alysh, dan greco-roman wrestling.

Namun, Sambo juga memiliki teknik striking karena terinspirasi pula dari savate serta Russian boxing.

Gaya Sambo juga dibagi dua, Spiridonov Style dan Oshchepkov Style. Spiridonov menjadi gaya yang paling lembut di Sambo dan bisa memanjakan penggunanya yang bertubuh kecil. Sementara itu, gaya Oshchepkov terbilang lebih ganas.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close