News

Kakorlantas Ingatkan Rest Area Bisa Jadi Potensi Penyebaran Covid-19


Masyarakat diminta tak berkerumun di rest area untuk mecegah penyebaran Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG—Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri mengapresiasi inovasi jajaran Polda Jawa Tengah dalam memberikan pelayanan dan pengamanan pada libur Natal dan tahun baru. Selain menyiagakan pengamanan terhadap lonjakan mobilitas masyarakat, Pos Pelayanan Operasi Lilin Candi 2021 di gerbang masuk Jawa Tengah juga menyediakan gerai layanan vaksinasi Covid-19.

Saat melakukan pemantauan ke sejumlah pos pelayanan Operasi Lilin Candi 2021 di sejumlah titik di Jawa Tengah, Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi mengatakan, pengamanan Natal dan tahun baru (Nataru) menjadi momentum Polri menunjukkan kinerja melayani masyarakat.

“Untuk itu seluruh anggota kepolisian yang terlibat dalam tugas pelayanan kepada masyarakat ini harus betul-betul siap, menjaga profesionalisme dan tidak boleh ada yang melanggar,” tutur Firman, disela kunjungannya, Sabtu (25/12).

Menurutnya, penanganan mobilitas masyarakat selama Nataru memerlukan koordinasi dan sinergi yang kuat antarstakeholder. Baik pengelola jalan tol hingga pemerintah daerah setempat.

Sebab, Jawa Tengah merupakan daerah tumpuan bagi masyarakat yang bergerak dari Jakarta ke Jawa Timur dan sebaliknya. Mereka berkumpul di Jawa Tengah untuk beristirahat di rest area atau tempat istirahat lainnya, sebelum melanjutkan perjalanannya kembali.

“Untuk itu, kami meminta seluruh jajaran untuk selalu waspada, mengingat berkumpulnya masyarakat ini bisa menjadi potensi penyebaran Covid-19 di rest area atau di tempat-tempat lainnya,” tegas Firman.

Maka, lanjutnya, pos-pos pelayanan di tol tidak hanya memberikan pengamanan dan pelayanan pada masyarakat saja, namun juga mengoptimalkan pengawasan disiplin dan penegakan protokol kesehatan (prokes). “Sehingga pos pelayanan Operasi Lilin Candi 2021 yang juga dilengkapi dengan gerai vaksinasi Covid-19 sangat strategis,” tegas Kakorlantas didampingi Asops Kapolri, Irjen Imam Sugianto.

Sementara Asops Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto juga memberikan apresiasi terhadap dukungan Polda Jawa Tengah dalam mendorong percepatan vaksinasi Covid-19. “Sehingga capaian vaksinasi Covid-19 di Jawa Tengah telah melampaui target nasional dengan total 76,9 persen,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi menegaskan, Polda Jawa Tengah menerapkan pengamanan secara terintegrasi di masing-masing pos pelayanan pada Operasi Lilin Candi 2021 ini. Adapun pusat pengendalian pengamanan berada di Pos Gerbang Tol (GT) Pejagan, Kabupaten  Brebes dan Pos GT Kalikangkung, Kota Semarang.

Seluruh anggota wajib siaga terkait pengamanan Natal dan tahun baru, baik dalam pengamanan arus lalu lintas maupun mencegah potensi gangguan kriminalitas. “Intinya Polda Jawa Tengah akan mengoptimalkan jajarannya dalam memberikan jaminan bagi masyarakat selama Nataru kali ini,” tegasnya.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close