News

Israel Kecam Menlu Rusia karena Sebut Adolf Hitler Berdarah Yahudi


TRIBUNNEWS.COMIsrael mengecam Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Senin (2/5/2022) karena menyebut pemimpin Nazi Adolf Hitler berasal dari Yahudi.

Israel menyebut komentar Lavrov anti-Semit dan berbahaya.

Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid mengatakan duta besar Rusia akan dipanggil untuk pembicaraan tegas atas pernyataan yang dibuat Lavrov dalam sebuah wawancara dengan televisi Italia.

“Ini adalah pernyataan skandal yang tak termaafkan, kesalahan sejarah yang mengerikan, dan kami mengharapkan permintaan maaf,” kata Lapid, seperti dikutip dari CNA.

Selama wawancara dengan saluran Rete 4 Italia, Lavrov ditanya bagaimana Rusia dapat mengatakan bahwa mereka perlu mendenazifikasi Ukraina, ketika presiden negara itu, Volodymyr Zelenskyy, adalah orang Yahudi.

“Ketika mereka mengatakan ‘Nazifikasi macam apa ini jika kita adalah orang Yahudi’, saya pikir Hitler juga memiliki asal-usul Yahudi, jadi itu tidak berarti apa-apa,” kata Lavrov.

Baca juga: Melawat ke Eropa, PM India Didesak Jauhi Rusia?

Baca juga: Peringatan Keras Zelensky untuk Pasukan Rusia: Lebih Baik Bertahan di Rusia daripada Mati di Ukraina

“Sudah lama kita mendengar orang-orang Yahudi yang bijak mengatakan bahwa anti-Semit terbesar adalah orang-orang Yahudi itu sendiri,” tambahnya.

Israel telah menyatakan dukungan berulang kali untuk Ukraina.

Namun waspada terhadap ketegangan hubungan dengan Rusia, penguasa di negara tetangga Suriah, pada awalnya menghindari kritik langsung terhadap Moskow dan belum memberlakukan sanksi formal terhadap oligarki Rusia.

Sergei Lavrov
Sergei Lavrov (RT.com)

Bulan lalu, Lapid menuduh Rusia melakukan kejahatan perang di Ukraina, dan Israel setuju untuk memasok helm dan rompi ke layanan penyelamatan Ukraina, menandakan pergeseran posisinya dalam menyediakan peralatan tersebut.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close