News

INFOGRAFIS: Keuntungan Jadi PPPK, Bisa Dikontrak Sampai 30 Tahun



Merdeka.com – Pemerintah kembali akan membuka lowongan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di 2022. Berbeda dari tahun sebelumnya, pemerintah hanya membuka lowongan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pemerintah meniadakan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam seleksi tahun ini.

Agar mudah dipahami, PPPK merupakan pegawai yang ‘di-outsourching’ oleh instansi pemerintah, baik Pemda maupun pusat. PPPK dikontrak minimal selama setahun dan dapat diperpanjang paling lama hingga 30 tahun tergantung situasi dan kondisi.

PPPK juga termasuk sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) non-PNS, sehingga bisa menduduki jabatan administratif dan jabatan fungsional di instansi pemerintah.

PPPK berhak mendapat kenaikan gaji berkala dan istimewa. Teknis kenaikan gaji diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

PPPK juga diberikan tunjangan sesuai dengan tunjangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Instansi pemerintah tempat PPPK bekerja. Tunjangan tersebut terdiri atas tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural, tunjangan jabatan fungsional atau tunjangan lainnya.

[has]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close