Sports

Ikuti Langkah AS, Jepang Boikot Diplomatik Olimpiade Beijing 2022


Jumat, 24 Desember 2021 – 14:49 WIB

VIVA – Jepang menyatakan tidak akan mengirim delegasi pemerintah ke Olimpiade Musim Dingin tahun depan di Beijing. Jepang mengikuti aksi boikot diplomatik yang dipimpin Amerika Serikat terhadap Olimpiade. Keputusan ini kemungkinan akan memperdalam ketegangan dengan China.

Boikot, yang didorong oleh Washington dan termasuk beberapa sekutunya, itu menjadi masalah rumit lainnya bagi Jepang, mitra dekat Amerika Serikat yang juga memiliki hubungan ekonomi yang kuat dengan China.

Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno, dikutip dari Reuters, Jumat 24 Desember 2021, mengatakan bahwa Tokyo tidak akan mengirim delegasi pemerintah ke Olimpiade yang akan dimulai pada Februari 2022 mendatang.

Bendera Jepang.

Kekhawatiran tentang HAM di China

Sebagai gantinya, Jepang akan mengirim beberapa pejabat yang memiliki hubungan langsung dengan Olimpiade, termasuk ketua panitia penyelenggara Tokyo 2020, Seiko Hashimoto, serta ketua panitia domestik Olimpiade dan Paralimpiade.

Boikot diplomatik oleh Amerika Serikat dan negara-negara lain berasa dari kekhawatiran tentang hak asasi manusia di China, tetapi Jepang telah mengambil sikap yang lebih lembut mengenai masalah tersebut.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close