News

Hanya Dengan Bahan Tradisional, Ini 11 Obat Batuk Alami : Okezone Lifestyle


OBAT batuk alami memang ada berbagai macam. Semua orang pasti pernah merasakan batuk, baik kering maupun berdahak. Terkadang batuk disertai dengan gejala lain yang tak kalah mengganggu, seperti sakit tenggorokan dan hidung berair. Kebanyakan orang biasanya memanfaatkan obat batu yang dijual bebas di warung maupun di apotek.

Namun, tak sedikit orang lebih mengandalkan cara tradisional atau bahan alami untuk meredakan batuk sebelum minum obat. Lantas bahan alami apa saja yang mampu membantu meredakan batuk? Untuk itu, simak ulasan lengkap yang telah Okezone.com rangkum berikut ini.

1. Air garam

Bahan dapur satu ini umumnya menjadi obat batuk alami yang mudah didapatkan di rumah. Berkumur dengan air garam hangat bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menginfeksi tenggorokan. Cara tradisional ini juga bisa membantu mengencerkan dahak yang menggumpal di belangkang tenggorokan, sehingga batuk lebih reda.

Cara membuat obat batuk berdahak dari larutan garam sangat mudah, yakni:

– Masukan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat

– Lalu aduk hingga larut

– Kemudian berkumurlah menggunakan larutan ini setiap tiga jam sekali selama 3-4 kali dalam sehari

2. Madu

Sejak dulu madu sudah dimanfaatkan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit, termasuk batuk.Kandungan yang dimiliki madu bisa efektif menyembuhkan penyakit batuk jika dikonsumsi secara rutin.

Zat analgesik yang terdapat pada bahan alami ini mampu menghentikan infeksi pada penyakit yang menyebabkan batuk kering maupun batuk berdahak.

Agar hasilnya maksimal minum satu sendok teh madu secara langsung dalam keadaan perut kosong. Adapun alternatif lainnya dengan mencampur ke dalam susu atau teh herbal dengan perasan lemon.

Obat Batuk Alami

(Obat batuk alami/Shutterstock)

3. Jahe

Rimpang satu ini sudah dikenal sejak lama meredakan gejala batuk. Kandungan antibakteri dan antivirus s pada jahe mampu meningkatkan kemampuan sistem imun melawan infeksi dalam saluran pernapasan. Kandungan tersebut juga mampu sekaligus mencegah perkembangan virus dan bakteri baru.

Jahe juga merupakan zat analgesik (pereda nyeri) alami yang dapat memberi efek menghangatkan tubuh. Sensasi hangat dari bahan tradisional ini membantu mengencerkan dahak di saluran pernapasan sehingga amat cocok dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan batuk berdahak.

Untuk obat batuk umumnya jahe dicampur dengan air perasan lemon, teh, madu, ataupun susu. Kemudian diminum sebanyak dua kali sehari selama mengalami batuk.

4. Lemon

Buah satu ini kerap dimanfaatkan untuk kecantikan dan bahan masak. Tapi tahukah kamu, jika buah satu ini juga bisa mengatasi batuk secara alami. Lemon mampu mengurangi radang yang terjadi di bagian tenggorokan, sekaligus memberi asupan vitamin C untuk tubuh.

Vitamin C sendiri berguna untuk meningkatkan kekuatan sistem daya tahan tubuh dalam membasmi infeksi kuman, termasuk infeksi yang berlangsung di saluran napas yang menjadi penyebab batuk.

Umumnya, untuk obat batuk satu sendok teh perasan lemon dicampur dengan satu sendok teh madu. Kemudian minumlah beberapa kali dalam sehari. Cara lain mengkonsumsi lemon dengan mencampurkan lada dan madu ke dalam air perasan lemon.

5. Kunyit

Rimpang satu ini dipercaya dapat mengurangi gejala batuk menerus, terutama untuk obat batuk kering alami. Dalam kunyit, terdapat curcumin yang memiliki sifat anti radang.

Senyawa ini memiliki kemampuan yang sama kuatnya dengan beberapa obat yang juga mengandung zat anti radang. Manfaatnya untuk melawan partikel asing penyebab infeksi di saluran pernapasan.

Cara membuat ramuan ini adalah dengan menghancurkan kunyit menjadi bubuk halus yang dicampur ke dalam satu gelas susu panas. Selain itu, juga bisa mencampurnya dengan garam dalam teh bersama dengan empat gelas air untuk meredakan rasa gatal pada tenggorokan.

6. Bawang putih

Umbi berlapis satu ini merupakan salah satu obat alami batuk berdahak yang paling mudah diperoleh. Sifat antimikroba yang terdapat dalam bawang putih mampu menghentikan infeksi ataupun iritasi yang menimbulkan dahak berlebih. Hal itu berkat senyawa allicin yang dapat membasmi bakteri dan virus di dalam tenggorokan.

Umumnya, untuk meredakan batuk dibuat ramuan obat tradisional dengan mencampur bawang putih halus, madu, serta teh. Ramuan ini diminum paling tidak dua kali sehari untuk meredakan batuk dan rasa sakit di tenggorokan.

7. Sari cuka apel

Kandungan asam asetat yang bersifat antibakteri sehingga cuka apel dapat digunakan menjadi obat batuk alami. Zat antibakteri dalam cuka apel mampu memecah gumpalan lendir dan mematikan bakteri yang menyerang saluran pernapasan.

Untuk mengolah sari suka apel menjadi obat batuk berdahak alami, caranya sangat mudah, yakni:

– Cairkan satu hingga dua sendok cuka sari apel ke dalam satu gelas air

– Kemudian, berkumurlah dengan larutan ini dan minum secara langsung

– Ulangi cara ini secara berturut-turut selama satu sampai dua kali dalam satu jam

– Sebelum berkumur dengan larutan obat batuk tradisional dari cuka apel selanjutnya, minumlah air putih sebanyak-banyaknya

8. Makanan probiotik

Acap kali terdengar, probiotik adalah mikroorganisme yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Meski makanan probiotik tidak dapat menyembuhkan batuk secara langsung. Namun, makanan probiotik membantu memperkuat sistem imun karena menyeimbangkan bakteri baik di pencernaan.

Probiotik bermanfaat seperti Lactobacillus yang biasa terkandung dalam susu, kefir, yogurt, dan cuka sari apel. Bahan alami ini dapat mengurangi gejala pada batuk yang disebabkan oleh alergi tertentu.

9. Nanas

Tak banyak yang tahu jika nanas juga bisa menjadi obat batuk alami. Kandungan enzim bromelain pada nanas dapat membantu meredakan batuk berdahak secara alami.

Kandungan bromelain yang tersusun dari enzim proteolytic dan protease ini memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat memecah dahak yang menggumpal di bagian tenggorokan dan paru-paru.

Dengan mengkonsumsi sebanyak 60 gram potong nanas dalam sehari dapat membantu meredakan batuk. Tak hanya itu, untuk mengkonsumsinya juga bisa menjadikannya jus yang diminum sebanyak 3 kali sehari sampai gejala yang dirasakan berangsur membaik.

10. Sup kaldu tulang

Saat merasa tidak enak badan, makanan satu ini kerap menjadi santapan yang nikmat. Selain dapat menghangatkan dan meningkatkan kekebalan tubuh, kaldu tulang juga dapat membantu meredakan batuk.

Meskipun tidak dapat menyembuhkan batuk secara langsung. Hidangan satu ini bisa meringankan gejala batuk akibat infeksi partikel berbahaya, seperti paparan polusi, zat kimia, bakteri, dan zat beracun lainnya.

11. Akar licorice

Obat herbal satu ini sudah lama dimanfaatkan untuk meredakan radang tenggorokan. Selain itu, akar licorice juga dapat digunakan sebagai obat batuk alami, khususnya batuk berdahak dan batuk karena alergi.

Kandungan glycyrrhizin pada akar licorice ini memiliki sifat anti alergi sehingga dapat mengencerkan lendir yang mengakibatkan rasa sesak saat bernapas.

Itulah 11 bahan alami yang dapat mengatasi batuk. Perlu dipahami jika batuk yang dirasa sudah lebih dari tiga hari alangkah baiknya segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close