News

Hadis-Hadis tentang Fadhilah Sholat Dhuha dan Doa Sesudah Sholat Dhuha yang Penting untuk Diamalkan


Hadis tentang Fadhilah Sholat Dhuha

Hadis tentang Fadhilah Sholat Dhuha© Freepik.com

Sudah ada banyak sekali yang membahas terkait fadhilah dari menjalankan sholat dhuha. Dan hal tersebut memang benar adanya bahwa menjalankan sholat dhuha memberikan kebaikan bagi umat Islam yang menjalankannya baik untuk kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak. Berikut adalah beberapa hadis mengenai fadhilah sholat dhuha sebagaimana dikutip melalui islam.nu.or.id.

Mengikuti Sunah Nabi Muhammad SAW

Sholat dhuha menjadi salah satu sholat sunah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw. Bahkan Nabi saw sendiri juga menjalankannya semasa hidup. Nabi saw pernah berwasiat kepada Abu Hurairah ra sebagai berikut:

 عن أبي هريرة رضي الله عنه أنه قال : ” أوصاني خليلي بثلاثٍ : صيامِ ثلاثةِ أيامٍ من كل شهر ، وركعتي الضحى ، وأن أوتر قبل أن أنام ” ( رواه البخاري 

 Artinya: Rasulullah saw, kekasihku itu berwasiat padaku tiga hal pertama puasa tiga hari setiap bulan, kedua dua rakaat dhuha (setiap pagi), ketiga sholat witir sebelum tidur.”

Melalui Abu Hurairah, Nabi Muhammad saw mewasiatkan tiga hal yang salah satunya adalah menjalankan dua rakaat sholat dhuha di pagi hari. Hal ini membuktikan betapa pentingnya sholat dhuha tersebut agar dilaksanakan oleh setiap umat Islam.

Meski begitu, hukum dari sholat dhuha ini tidaklah wajib, melainkan sunah. Sehingga barangsiapa yang mengerjakannya, maka akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Sedangkan yang tidak mengerjakan, maka tidak akan mendapatkan pahala dan juga tidak mendapat dosa.

Bersih dari Dosa

Setiap manusia di dunia tidak luput dari adanya dosa dan kesalahan. Sewaktu-waktu manusia bisa melakukan kesalahannya. Namun, Allah SWT yang Maha Pengampun akan selalu membukakan pintu maaf kepada setiap hambanya yang bertobat dengan tulus dan ingin menjadi pribadi yang lebih baik.

Salah satu cara yang bisa sahabat Dream lakukan untuk mendapatkan ampunan Allah SWT adalah dengan menjalankan sholat dhuha. Sholat sunah ini akan membersihkanmu dari dosa dan memungkinkan doa-doamu dikabulkan oleh Allah SWT. Sebagaimana hadis dari Abu Hurairah berikut ini:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، أَنّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ : ” مَنْ حَافَظَ عَلَى سُبْحَةِ الضُّحَى غُفِرَتْ ذُنُوبُهُ ، وَإِنْ كَانَتْ أَكْثَرَ مِنْ زَبَدِ الْبَحْرِ ”

Artinya: Barangsiapa menjaga sholat dhuha, maka Allah akan mengampuni segala dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.”

Dari hadis tersebut menjelaskan bahwa Allah SWT akan mengampuni dosa hamba-Nya meski sebanyak buih yang ada di lautan. Inilah keistimewaan dari sholat dhuha yang mampu membuat dosa yang banyak bisa mendapatkan ampunan Allah SWT. Nah, sahabat Dream juga bisa membaca doa sesudah sholat dhuha untuk lebih menyempurnakannya.

Dicukupi oleh Allah SWT

Fadhilah sholat dhuha lainnya yang tak kalah istimewa adalah Allah SWT akan mencukupimu sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis qudsi dari Allah SWT melalui Nabi Muhammad saw berikut ini:

 عن أبي الدرداء وأبي ذرِّ ( رضي الله عنهما ) عن رسول الله صلى الله عليه وسلم : عن الله تبارك وتعالى أنه قال ابن آدم ، اركع لي أربع ركعاتٍ من أول النهار أكفك آخره ”

 Artinya: Dari Abi Darda’ dan Abi Dzar dari Rasulullah saw (langsung) dari Allah Tabaraka wa Ta’ala ‘ruku’lah untukku empat rakaat di permulaan hari (pagi), maka aku akan mencukupi-Mu di sisa hari-Mu’.”





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close