Sports

DPRD Sumut Soroti Persiapan PON 2024, Anggaran Belum Jelas


Senin, 18 Juli 2022 – 04:32 WIB

VIVA Sport – Komisi E DPRD Sumut menyoroti persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2024. Dimana, Sumatera Utara menjadi tuan bersama dengan Aceh. Namun, hingga saat ini, belum diketahui berapa jumlah anggaran untuk PON atau nihil.

“Anggaran untuk pembangunan venue dan lainnya belum memuaskan sebagai tuan rumah,” sebut Anggota Komisi E DPRD Sumut, Hendro Susanto saat dikonfirmasi VIVA, Minggu 17 Juli 2022.

Hendro menjelaskan bila belajar dari pelaksanaan PON Papua tahun 2021, lalu. Pemerintah Pusat mengelontorkan anggaran dari APBN sebesar Rp 13 triliun. Dana tersebut, untuk membangun venue, sport center, stadion dan segala macam. Termasuk untuk pembukaan dan penutupan.

Namun, Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Sumut itu, mengatakan belum ada kejelasan berapa anggaran didapatkan Sumut untuk pembangunan tersebut didapatkan dari Pemerintah Pusat.

Hendro mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut masih lemah dalam kordinasi dengan pemerintah pusat untuk meminta kepastian anggaran didapatkan dalam persiapan dan pelaksanaan PON 2024.

“Untuk Sumut, dana (anggaran) belum clear berapa dari pusat yang digelontorkan PBN PON 2024 ini. Koordinasi masih lemah, bagaimana persiapan bisa maksimal,” ucap Hendro.

Hendro mengatakan pihaknya terus memberikan motivasi dan saran kepada Dispora Sumut untuk mensegarakan untuk mendapatkan kepastian soal anggaran PON tersebut dari Pemerintah Pusat. 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close