TV

Daftar Lengkap Pemenang Bali International Film Festival (Balinale) 2022


Kapanlagi.com – Ajang Bali International Film Festival (Balinale) 2022 telah selesai digelar pada hari Sabtu (11/16) malam. Total ada 4 kategori kompetisi yang diumumkan, yakni Dokumentar Pendek, Film Narasi Pendek, Drama Dokumenter dan Film Narasi Panjang. Malam itu, para sineas top Tanah Air turut hadir menyaksikan pemberian penghargaan film-film terpilih di Balinale 2022.

Setelah melakukan seleksi ketat, para dewan juri yang tediri atas Ismail Basbeth (Indonesia), Robert Chappell (USA), Robin Gurney (Canada), Kelli Swazey (USA) dan IGP Wiranegara (Indonesia) pun akhirnya menjatuhkan pilihannya pada masing-masing kategori di atas dan juga beberapa penghargaan khusus untuk peserta kompetisi.

Penasaran daftar lengkap pemenang Balinale 2022? Simak daftarnya di bawah ini..

1. Daftar Lengkap Pemenang Balinale 2022

Kategori Dokumenter Pendek: HOMEBOUND (Indonesia), disutradarai oleh Ismail Fahmi Lubis.
Kategori Film Narasi Pendek: MURDER TONGUE (Pakistan), disutradarai oleh Ali Sohail Jaura.
Kategori Drama Dokumenter: MY CHILDHOOD, MY COUNTRY – 20 Years in Afghanistan (Inggris), disutradarai oleh Phil Grabsky dan Shoaib Sharifi.
Kategori Film Narasi Panjang: INSIDE A FUNERAL HALL (Republik Korea), disutradarai oleh Ho-hyun Lee.


Selain 4 kategori utama di atas, ada pula beberapa penghargaan khusus yang juga diberikan untuk para peserta, antara lain:


Penghargaan Khusus: DUSK TILL DAWN (Brasil), Sutradara: Tiago Delácio.
Penghargaan Juri Khusus: MENTAWAI: SOUL OF THE FOREST (Jerman), disutradarai oleh Joo Peter.
Gary L Hayes Award untuk Emerging Indonesian Filmmaker: UDIN’S INFERNO (Indonesia) disutradarai oleh Yogi S Calam.
Penghargaan American Indonesian Culture and Education Foundation (AICEF): PREMAN (Indonesia), disutradarai oleh Randolf Zaini.
Penghargaan Pilihan Komite: PREMAN (Indonesia), disutradarai oleh Randolf Zaini.

2. Tentang Balinale

Balinale a.k.a Bali International Film Festival didirikan pada tahun 2007 dan diakui secara internasional atas keragaman program filmnya seperti fiksi, dokumenter, fitur, dan film pendek Indonesia dan internasional yang memenangkan penghargaan.


Tujuan Balinale sendiri adalah untuk menyatukan sineas dari seluruh dunia untuk berkolaborasi dan berbagi. Ajang ini berdedikasi untuk menciptakan pertemuan kreativitas global dan menyediakan platform untuk mempromosikan sinema Indonesia, sambil memastikan pengkayaan dan dukungan timbal balik.


Balinale secara aktif berpartisipasi dalam acara industri global, dan memiliki asosiasi profesional dengan studio dan distributor besar. Balinale telah menjalin afiliasi dengan institusi dan organisasi yang berpikiran sama di antaranya Asia Pacific Screen Awards, ASEAN International Film Festival and Awards, Asian Film Commissions Network, Motion Picture Association, American Film Showcase, Sundance Institute’s Film Forward, dan NYC’s The Juilliard School.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close