News

CEK FAKTA: Hoaks Menekuk Jari Bisa Mendeteksi Asam Urat


Merdeka.com – Beredar video di tiktok, menunjukan gerakan jari yang diklaim bisa mengecek asam urat normal atau tidak. Dalam video tersebut terlihat seseorang menekuk semua semua jari-jarinya hingga menyentuh telapak tangan maka menandakan asam urat orang tersebut normal.

Cara cek asam urat normal atau tidak,” narasi dalam video tersebut.

cek fakta hoaks menekuk jari bisa mendeteksi asam urat

Istimewa

Penelusuran

Setelah ditelusuri, cara menentukan asam urat normal atau tidak dengan menekuk jari adalah klaim yang salah. Dilansir dari detik.com, praktek tersebut telah dibantah oleh para ahli diantaranya oleh Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia. Dia menegaskan bahwa cara cek asam urat yang benar adalah cek ke laboratorium.

“Itu hoaks. Sekarang orang kalau mau memastikan ya cek laboratorium,” ujarnya saat dihubungi detikHealth, Kamis (11/1/2018).

Untuk mendeteksi adanya penyakit asam urat, biasanya timbul beberapa gejala spesifik. dr Ari menyebutkan bahwa asam urat itu adalah suatu peradangan di jari-jari sendi kecil, terutama di bagian jempol kaki.

“Biasanya ada benjolan, bengkak, nyeri, merah, pas digerakin sakit,” imbuhnya.

Selain itu, dilansir dari situs kesehatan halodoc, Cek asam urat bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu tes asam urat dalam darah dan tes asam urat dalam urine. Tes darah dilakukan dengan mengambil sampel darah untuk kemudian diperiksa di laboratorium atau alat cek asam urat khusus. Sampel darah yang diambil nantinya akan menunjukkan angka yang merupakan kandungan atau kadar asam urat seseorang.

Sementara pemeriksaan urine dilakukan dengan mengambil sampel air kencing alias urine. Kamu perlu mengumpulkan urine selama 24 jam. Petugas kesehatan akan memberi tahu kamu cara mengumpulkan sampel urine dan menyimpannya.

Melalui pemeriksaan ini, akan diketahui bagaimana fungsi ginjal dalam membuang asam urat. Jika ginjal tidak dapat membuang asam urat dari darah secara normal, risiko pembentukan kristal atau batu ginjal menjadi lebih besar.

Kesimpulan

Klaim menentukan asam urat normal atau tidak dengan menekuk jari adalah tidak benar. Faktanya, cara cek asam urat yang benar adalah cek ke laboratorium.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3809408/tersebar-foto-tes-sederhana-deteksi-asam-urat-dokter-sebut-hoax
https://www.halodoc.com/kesehatan/cek-asam-urat

[noe]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close