Sports

Bonus PON Bakal Naik, Emilia Nova: Alhamdullilah


Jakarta

Pelari gawang putri Emilia Nova mengucap syukur akhirnya pemerintah DKI Jakarta merespons keberatan atlet terkait bonus Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua. Ia batal kecewa.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seperti diketahui akan mengubah keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1203 Tahun 2018 Tentang Satuan Biaya Kegiatan Keolahragaan dan Kepemudaan serta Penghargaan Prestasi Olahraga dan Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta.

Perubahan didasari oleh keluhan para atlet DKI peraih medali PON karena tak ada kenaikan bonus. Bahkan terhadap pelatih juga mendapat apresiasi yang tidak sesuai dengan perjuangannya. Belum lagi masalah pajak yang dibebankan kepada atlet dan pelatih dalam jumlah relatif besar.

“Alhamdullilah ya senang karena kami sempat perjuangkan juga di media karena kalau dibilang kecewa iya. Sebab, tidak ada transparasi yang tertulis tentang nominal bonus yang akan diberikan,” kata Emilia kepada detikSport, Kamis (23/12/2021).

“Kami hanya disuruh mengumpulkan NPWP, segala macam. Kami juga disuruh tanda tangan kwitansi dengan jumlah nominal yang dari Disorda Rp 200 juta. Kan ada rinciannya tuh perak Rp 50 juta, lalu perunggu Rp 30 juta. Lalu tetiba ada pajak. Saya itu kena pajak sebesar 12,5 persen. Padahal sebelumnya pajak ditanggung oleh Pemda dan pemerintah,” ungkap peraih medali emas SEA Games 2019 ini.

Lebih lanjut, Emilia mengutarakan, tidak ada maksud untuk membesarkan masalah. Namun, ia dan rekan-rekan atlet punya dasar. Apalagi masalah bonus bukan kali ini terjadi tapi sejak PON 2016.

“Ya, kami protes buat mengingatkan saja kita berjuang untuk PON mati-matian. Kami dihargainya sesuai lah dan harapannya biar pak Anies (Baswedan) dengar saja. Ini sudah lima tahun masa masalah Pergub terus. Kenapa enggak diurus dari kemarin dan pajaknya lumayan besar. Daerah lain saja bisa masa kita tidak?” ujarnya.

Emilia pun berharap Pergub bisa selesai sebelum akhir tahun ini. “Katanya beberapa hari ini akan diusahakan Pergubnya selesai. Mudah-mudahan tidak lewat akhir tahun,” ujarnya.

Simak Video “Ucapkan Selamat Natal, Anies Bersyukur Pandemi Terkendali
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close