Sports

Bakal Ada Mini Turnamen Sebelum FIBA World Cup 2023 Digelar


Jakarta

Event Director FIBA World Cup 2023 Budi Satrio Djiwandono berencana untuk menggelar turnamen mini internasional sebelum kejuaraan dunia digelar. Ajang ini sebagai uji coba penyelenggaraan.

FIBA World Cup 2023 akan berlangsung 25 Agustus hingga 10 September. Indonesia menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang. Dalam persiapannya, Indonesia menyiapkan gedung baru bertaraf internasional dengan kapasitas 16 ribu.

Saat ini pembangunannya masih berjalan dan ditargetkan selesai Maret mendatang menyesuaikan arahan FIBA. Oleh karena perampungannya dipercepat kuartal pertama, sebelumnya Juni, Panpel berencana untuk membuat test event sebelum menggelar pertandingan sebenarnya.

“Rencananya Desember ini field of play-nya sudah bisa terbangun. Lalu nanti Maret kita targetkan sudah bisa uji coba pertandingan,” kata Budi di Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Uji coba pertandingan pun, sebut Budi, akan mengundang empat sampai lima tim luar negeri. Dengan begitu, pihaknya bisa sekaligus mempersiapkan kedatangan kontingen atlet asing.

“Jadi saya mengharapkan, dalam benak saya, bikin mini event internasional untuk melihat kesiapan venue dan semua perangkat pendukung FIBA World Cup,” katanya.

“Sekali lagi ini event internasional jadi kita harus persiapkan kedatangan kontingen atlet dari luar negeri, dari sisi imigrasi seperti apa? Protokol kesehatannya akan seperti apa? Karena ini untuk bukan hanya mengantisipasi venue saja, tapi perangkat venuenya,” dia menambahkan.

Sehubungan itu, Budi bersama tim juga masih mematangkan konsep acara berikut protokol kesehatan saat kejuaraan berlangsung.

“Untuk acara nanti dikemasnya oleh tim event organizer tapi secara resmi itu belum seluruhnya terbentuk, baru event director dari FIBA. Jadi kami sedang mematangkan seperti apa,” katanya.

“Karena ada beberapa tahapan juga, pertama kesiapan tim, saya ingin bentuk tim profesional, solid, transparan, akuntabel. Kami akan dapat bantuan dana dari pihak ketiga, mungkin dari pemerintah juga, tentu ini harus dipertanggungjawabkan. Makanya saya sekarang sedang fokus bentuk tim kuat,” tambahnya.

(mcy/aff)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close