TV

Asal Mula Dorce Dapat Nama Gamalama


Jakarta

Kepergian Dorce Gamalama membawa duka yang mendalam bagi masyarakat Indonesia. Artis serba bisa yang meninggal di usia 58 tahun itu diketahui sempat mengalami koma di rumah sakit dan kondisi kesehatannya makin menurun akibat terpapar COVID-19.

Dua hari sebelum meninggal, kondisi Dorce juga tak membaik. Dokter memberikan dua opsi yakni kembali menambah alat pada tubuh Dorce, yaitu alat pacu jantung atau diberikan obat secara alami saja.

Di balik kabar duka kepergian Dorce, terselip informasi menarik mengenai asal muasal nama Gamalama. Dorce yang nama lahirnya adalah Deddy Yuliardi diketahui diberikan nama panggung ‘Dorce’ oleh Myrna, pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls.

Saat menjalani profesinya sebagai artis, ia kerap berpakaian seperti perempuan. Bahkan ia pernah melakukan operasi ganti kelamin di Surabaya pada 1983.

Setelah itu, nama panggungnya pun mulai dikenal sebagai Dorce Gamalama. Meski sebelumnya ia pernah memakai nama Dorce Asadi, Dorce Urang Aring sampai Dorce Elkafeer. Padahal sang bintang itu merupakan kelahiran Solok, Sumatera Barat.

Dari manakah nama Gamalama itu disematkan di belakang nama Dorce? Ditelisik dari berbagai sumber, Gamalama itu diambil dari nama Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Kepulauan Maluku.

Suatu hari di tahun 1984, Dorce pernah mengunjungi Pulau Ternate bersama Benyamin Sueb. Di sana, ia melihat pemandangan Gunung Gamalama yang terkenal akan keindahannya.

Gunung Gamalama yang berasal dari kata Kie Gam Lamo artinya adalah negeri yang besar. Serta menjadi simbol kebesaran bagi masyarakat Ternate.

Sultan Ternate kala itu juga dikabarkan memberikan restu kepada Dorce untuk memakai nama Gamalama. Sejak saat itu, Dorce kerap memakai kata Gamalama di belakang nama panggungnya.

Ternyata tak hanya nama Dorce Gamalama saja yang dikenal namun sepulang dari ibadah haji, dia juga mulai menambahkan namanya menjadi Dorce Gamalama Halimatussadiyah.

Dorce Gamalama meninggal dunia tadi pagi di RSPP Simprug, Jakarta Selatan setelah mengalami koma selama tiga minggu lamanya. Ia berpulang salah satunya terkena paparan virus COVID-19.

Sebelum meninggal, Dorce diketahui sakit akibat penyakit diabetes.Jenazah pun dimakamkan dengan protokol COVID-19 di TPU Bantar Jati, Jakarta Timur dan satu liang lahad dengan sepupunya.

Sebelumnya, jenazah disalatkan di Masjid Al Hayyu, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Sesuai keputusan keluarga, Dorce dimakamkan sebagai laki-laki, jenis kelamin asalnya saat ia lahir.

Simak Video “Kronologi Meninggalnya Dorce Gamalama
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close