TV

AP II Targetkan 20 Bandaranya Pakai PLTS di 2025


Minggu, 13 Februari 2022 – 22:26 WIB

VIVA – PT Angkasa Pura II (AP II) menargetkan pada 2025, 20 bandara yang berada di bawah pengelolaannya sudah menggunakan energi bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

President Director AP II, Muhammad Awaluddin menjelaskan, penggunaan energi baru terbarukan (EBT) di bandara sejalan dengan kesepakatan antara Airport Council International (ACI). Begitu juga dengan seluruh operator bandara di dunia, untuk mendukung program global Net Zero Carbon Emission 2050.

“Bandara menyumbang sekitar 2 persen emisi karbon dari total pangsa global, sehingga untuk mengurangi emisi karbon tersebut operator bandara harus berkomitmen menggunakan energi baru terbarukan hampir di seluruh aspek operasional dan pelayanan,” kata Awaluddin dalam keterangan tertulis, Minggu 13 Februari 2022.

Awaluddin menambahkan, pemanfaatan EBT di lingkungan AP II mendukung implementasi teknologi dalam mewujudkan smart airport. Dengan demikian bisa meningkatkan daya saing (competitiveness) bandara-bandara AP II di era Industry 4.0. 

Bandara Soekarno-Hatta

Apalagi, kata dia, AP II juga telah memiliki masterplan pengembangan Eco Airport periode 2021-2030. Hal ini akan mendukung visi perusahaan menjadi Smart & Connected Airport

“Pemanfaatan EBT di bandara AP II akan menggunakan teknologi-teknologi baru, yang bisa diintegrasikan dengan teknologi eksisting,” ujarnya.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close