News

AP I Catat Peningkatan Jumlah Penumpang Hingga 20 Persen Pasca-Aturan Baru Perjalanan dengan Pesawat



Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat jumlah penumpang pesawat di 15 bandara yang dikelolanya selama periode 8-14 Maret 2022 mengalami peningkatan sebesar 20 persen dibanding periode 1-7 Maret 2022.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, jumlah penumpang pada periode 8-14 Maret 2022 mencapai 761.234 orang.

“Jumlah ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan periode 1-7 Maret 2022 yang hanya 631.271 orang,” kata Faik Fahmi, Rabu (16/3/2022).

Baca juga: Inggris Hapus Semua Persyaratan Penumpang Kedatangan Internasional Mulai 18 Maret

Faik Fahmi juga menjelaskan, untuk trafik pesawat pada periode 8-14 Maret, tercatat ada 7.208 pergerakan pesawat atau meningkat 9 persen jika dibandingkan periode 1-7 Maret yang melayani 6.610 pergerakan pesawat.

Peningkatan trafik penumpang dan pergerakan pesawat domestik ini, lanjut Fai, terjadi pasca implementasi aturan perjalanan terbaru yang kembali menggairahkan industri aviasi serta pariwisata secara perlahan.

“Ini juga menjadi indikasi mulai kembalinya kepercayaan masyarakat untuk kembali bepergian dengan moda transportasi udara dengan persyaratan perjalan yang lebih mudah dan nyaman,” kata Faik.

Sementara itu untuk penerbangan internasional di Bandar I Gusti Ngurah Rai juga menunjukkan tren positif. Faik mengungkapkan, jumlah penumpang internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada 3 Februari hingga 14 Maret 2022 mencapai 8.770 penumpang dengan trafik pesawat mencapai 142 pergerakan pesawat.

Baca juga: Tiket Pesawat Mulai Sulit Jelang MotoGP Mandalika 2022, Efek Tiket Balapan Ludes?

Ia juga menjelaskan, hingga saat ini sebanyak 7 maskapai rute internasional telah beroperasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan melayani 5 rute penerbangan.

Maskapai-maskapai tersebut yaitu Garuda Indonesia rute Narita-Denpasar dan Sydney-Denpasar, Singapore Airlines rute Singapura-Denpasar, Scoot rute Singapura-Denpasar, Jetstar Asia rute Singapura-Denpasar, KLM Royal Dutch rute Singapura-Denpasar, Jetstar Airways rute Melbourne-Denpasar, dan Malaysia Airlines rute Kuala Lumpur-Denpasar. 





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close