News

Anggaran Perubahan Iklim Rp102 Triliun, Menko Luhut: Kita Butuh Rp343 Triliun : Okezone Economy



JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Indonesia tengah fokus pada isu perubahan iklim. Hal ini sangat penting bagi Indonesia.

Menurut Luhut jika suhu bumi terus memanas dapae mengakibatkan m membuat sejumlah wilayah di Indonesia tenggelam, sebab indonesia secara geografis merupakan negara kepulauan.

“Jadi kemarin di Glasgow kita sudah katakan di Paris agrement juga dan isu perubahan iklim ini sangat penting, Indonesia ini negara kepulauan, kalau banyak masalah, temperatur bumi naik, itu akan membuat pulau-pulau kita juga tenggelam,” kata Menko Luhut di Jakarta, Jumat (18/3/2022).

Dengan begitu Pemerintah mendorong penggunaan energi yang ramah lingkungan menjadi solusi yang tidak lagi bisa ditawar. Hanya saja, dana pemerintah untuk melakukan transisi terbatas.

“Anggaran untuk penanganan perubahan iklim dari APBN sejak tahun 2018 hingga 2020 hanya Rp102,56 triliun. Sementara kebutuhan dana sejak 2020-2030 mencapai Rp343,6 triliun,” tambahnya.

“Kalau kita lihat anggaran perubahan iklim hanya ada Rp102 triliun atau 4,3%. Padahal kita butuh Rp343 triliun, jadi angka ini memang kurang,” tambahnya.

Luhut menilai Indonesia telah berkomitmen untuk menurunkan minima 29% emisi pada tahun 2030 dan indonesia telah mendorong Net Zero 2060 atau lebih awal.

“Pemerintah terus dorong menetapkan Indonesia untuk menurunkan 29 persen emisi BAU ada tahun 2030 dan indonesia telah mendorong Net Zero 2060 atau lebih awal,” pungkasnya.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close