TV

Aktivis Tuli Surya Sahetapy Mengatakan Indonesia Belum Manusiawi


Rabu, 15 Desember 2021 – 11:38 WIB

VIVA – Surya Sahetapy adalah seorang aktivis tuli yang lahir 21 Desember 2021, juru bahasa isyarat sekaligus aktor yang berasal dari Indonsia. Pemilik nama lengkap Panji Surya Sahetapy adalah anak ketiga dari mantan pasangan artis Dewi Yull dan Ray Sahetapy. Walaupun dirinya sudah divonis menderita tuli sejak lahir ke dunia, tapi hal ini tidak menjadi hambatan untuk dirinya dalam meraih prestasi dan kesuksesan. Selain itu, Surya adalah generasi kelima Tirti Adhi Soerjo. Walaupun memiliki keterbatasan, tidak membuat dirinya menyerah begitu saja.

Surya belajar untuk berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat sejak kecil bersama dengan kakak dan omnya yang tuli. Ia juga terapi berbicara bersama dengan ibunya serta instruktur dari sekolah, mulai membaca gerak bibir lawan bicara dan berkomunikasi secara tulisan. Surya kemudian membuktikan meski dirinya tidak bisa mendengar, tapi mampu untuk menguasai bahasa Indonesia secara lisan, tulisan, dan bahasa Isyarat. Beberapa hari yang lalu, Surya Sahetapy datang ke Studio VDVC talk, Pulogadung, Jakarta Timur untuk berbincang bersama dengan Indy Rahmawati.

Lantas, Bagaimana Kehidupan Surya Sahetapy?

Pendidikan Surya Sahetapy

Surya mempunyai keinginan untuk belajar di luar negeri, tapi ia menyadari bahwa dirinya tidak mampu berbahasa Inggris. Alih-alih menghindar, ia malah mengambil jurusan pendidikan bahasa Inggris di Sampoerna University, Jakarta. Ia kemudian mengambil cuti kuliah selama 1,5 tahun sampai akhirnya ia menempuh pendidikan di Institut Teknologi Rochester (RIT), National Technical Institue for the Deaf, Amerika Serikat.

Di perguruan tinggi tersebut, ia berhasil memperoleh gelar diploma (D3) tahun 2019 dengan jurusan Applied Liberal Arts (Konsentrasi: Bahasa Isyarat dan Kajian Tuli) dan sukses meraih Cum Laude. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya untuk meraih gelar sarjana (S1) dengan mengambil jurusan Hubungan Internasional di RIT dan juga berhasil meraih predikat Magna Cum Laude. Bahkan, Surya juga tengah melanjutkan pendidikan magister (S2) dengan jurusan Pendidikan Tuli.  



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close