News

6 Capres Pilihan Generasi Milenial dan Z, Siapa Saja? : Okezone Nasional



SEJUMLAH tokoh meramaikan bursa capres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Beberapa tokoh tersebut menjadi capres pilihan milenial dan gen Z, berdasarkan sejumlah lembaga survei belakangan ini.

Generasi milenial dan Z bakal meramaikan Pilpres 2024. Generasi milenial merupakan mereka yang lahir sekitar awal 1977 sampai awal 1994 atau berusia sekitar 24 hingga 39 tahun.



Sementara generasi Z adalah masyarakat yang lahir pada 1995 sampai 2012.

Berdasarkan hasil Sensus Penduduk oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2020, jumlah populasi gen Z mencapai 75,49 juta atau 27,7% dari 270,2 total penduduk Indonesia. Sementara generasi milenial mencapai 69,90 juta atau sekitar 25,9% dari total penduduk.

Dua generasi ini dilibatkan ke dalam beberapa survei untuk menunjukkan siapa saja capres yang paling diminati.

Berikut adalah daftar beberapa capres favorit milenial dan gen Z tersebut:

1. Prabowo Subianto

Menteri Pertahanan (Menhan) ini digadang-gadang menjadi capres favorit pilihan generasi milenial dan generasi Z. Hal tersebut berdasarkan hasil survei Indopol Survey and Consulting pada 19-27 November 2021.

Prabowo mendapatkan perolehan 13,58%. Sementara dari pertanyaan semi terbuka, Prabowo berhasil mendapatkan 15,75%.

Alasan kenapa Prabowo mendapatkan posisi teratas karena para kaum milenial dan Z menginginkan pemimpin dengan memiliki latar belakang TNI. Sebanyak 19,69% responden menginginkan hal tersebut.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini unggul di sejumlah lembaga survei. Seperti di Indikator Politik Indonesia, Prabowo mengungguli kandidat lain dengan 24,1%. Berdasarkan hasil survei SMRC, Prabowo juga menduduki peringkat pertama dengan raihan 19,7%.

2. Ganjar Pranowo

Calon berikutnya adalah Ganjar Pranowo. Ia menjadi tokoh nasional kedua yang menjadi pilihan generasi milenial dan generasi Z. Berdasarkan hasil yang dirilis oleh Indopol Survey and Consulting, Gubernur Jawa Tengah ini disukai 76,97% responden dan dipilih oleh 15,75%.

Popularitas Ganjar Pranowo juga terlihat dalam hasil survei KedaiKOPI tentang “Pentingnya Capres Tenar Di Sosial Media?” pada 17-24 Januari 2022. Ganjar menjadi satu dari lima nama tokoh yang diumumkan dengan perolehan 79,2%, diikuti Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Sandiaga Uno.


Sebagaimana diketahui, Ganjar Pranowo aktif dalam memanfaatkan media sosial (medsos) yang digemari anak muda seperti platform YouTube, Instagram, Twitter, hingga membuat channel podcast di Spotify.

3. Ridwan Kamil

Meskipun elektabilitas Ridwan Kamil tidak sekuat calon-calon di atas, rupanya berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Center for Political Communication Studies (CPCS), terlihat bahwa dirinya merupakan kandidat favorit pilihan milenial dan generasi Z. Ia berada satu tingkat di bawah Ganjar Pranowo, dengan raihan sebesar 17,7%.

Selain itu, berdasarkan hasil yang dirilis Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia, mayoritas anak muda juga memilih RK atau akrab disapa Kang Emil ini sebagai tiga besar dengan raihan persentase sebanyak 10,2%. Ridwan Kamil kini merupakan Gubernur Jawa Barat. Dia cukup aktif di media sosial untuk berinteraksi dengan kaum muda, bahkan pernah muncul dalam film Dilan sebagai cameo.

4. Anies Baswedan

Sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada periode 2014-2016. Karena itulah, sosok Anies sudah tidak asing lagi di mata masyarakat.

Sepak terjangnya dalam dunia pendidikan membuat Anies dipercayai dan disukai kalangan generasi Z dan kaum milenial. Tercatat berdasarkan hasil survei dari Indopol Survey dan Consulting, Anies menempati posisi tiga sebagai capres yang dikenal sebanyak 73,43%, disukai sebanyak 52,95%, dan dipilih sebanyak 13,58% responden.

Selain itu, dalam survei KedaiKOPI yang melibatkan 1.201 responden di 34 provinsi, Anies Baswedan dikenal publik dengan persentase sebanyak 83,7%. Di beberapa survei lainnya pun Anies kerap menempati posisi ketiga, setelah Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

5. Agus Harimurti Yudhoyono

Putra mantan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini turut meramaikan bursa capres 2024. Dalam survei Indopol Survey, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memperoleh suara sebesar 73,43%, disukai sebesar 52,95%, dan dipilih oleh 5,31% kaum milenial dan generasi Z.

Begitu juga dalam hasil survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia, AHY menempati posisi keenam dengan perolehan 4,1%. AHY adalah Ketua Umum Partai Demokrat. AHY mundur sebagai prajurit TNI Angkatan Darat (AD) pada September 2016 dengan pangkat terakhir mayor.

6. Sandiaga Uno

Berdasarkan hasil survei Indopol Survey Indonesia, Sandiaga Uno menempati posisi 4 sebagai capres favorit generasi milenial dan generasi Z. Persentase yang didapatkannya berkisar 92,32%, disukai sebesar 80,91%, dan dipilih sebesar 5,31%.

Politikus Partai Gerindra ini mendapatkan 83,7% suara sebagai tokoh yang populer di media sosial dari survei yang dilakukan lembaga survei KedaiKOPI. Sandiaga Uno kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sebelumya, Sandiaga pernah memenangkan kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 bersama Anies Baswedan. Namun, Sandiaga mengundurkan diri dari jabatan wakil gubernur DKI Jakarta pada 27 Agustus 2018 untuk mengikuti Pilpres 2019. (Litbang MPI/Alifia Nur Faiza)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close