Sports

5 Orang Berpengaruh di Balik Kesuksesan Pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Nomor 1 Jadi Sorotan : Okezone Bola


SEBANYAK 5 orang berpengaruh di balik kesuksesan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia akan dibahas dalam artikel ini. Saat ini, Shin Tae-yong sedang berjuang mencetak sejarah, yakni membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF untuk pertama kalinya.

Namun, Shin Tae-yong tidak sendirian hingga menemukan ramuan terbaik untuk Timnas Indonesia. Ia dibantu lima asistennya yang memiliki pengalaman tinggi di bidangnya masing-masing. Lantas, siapa saja?


Berikut 5 orang berpengaruh di balik kesuksesan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia:

5 Nova Arianto (Asisten Pelatih)

Nova Arianto

(Nova Arianto (kedua dari kanan saat menjadi asisten Indra Sjafri)

Nova Arianto pernah sukses membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke final SEA Games 2019. Saat itu, Nova Arianto berstatus sebagai asisten pelatih Indra Sjafri. Ketika tampuk kepelatihan Timnas Indonesia dipegang Shin Tae-yong, Nova Arianto mendapat kepercayaan dari PSSI.

Dengan begitu, Nova Arianto dapat belajar banyak dari Shin Tae-yong yang berpengalaman membawa Seongham Ilhwa Chunma juara Liga Champions Asia 2010 tersebut. Lantas, apa peran Nova Arianto di tim kepelatihan Shin Tae-yong saat ini?

Selain berpengalaman alias andal membentuk pertahanan tangguh, Nova Arianto merupakan sosok yang dihormati pemain-pemain Timnas Indonesia.

4. Shin Sang-gyu (Pelatih Fisik)

Shin Sang-gyu

Shin Tae-yong menerapkan strategi high pressing di Timnas Indonesia. Untuk menerapkan strategi ini, para pemain Timnas Indonesia membutuhkan fisik yang prima.

Sosok Shin Sang-gyu yang berstatus sebagai pelatih fisik sangat berperan atas meroketnya stamina Rachmat Irianto dan kawan-kawan. Terbukti di Piala AFF 2020, skuad Timnas Indonesia terlihat dapat berlari sepanjang 90 menit pertandingan.

3. Kim Bong-soo (Pelatih Kiper)

Kim Bong-soo

Timnas Indonesia memiliki empat penjaga gawang yang sama baiknya di Piala AFF 2020. Sebut saja Nadeo Argawinata, Ernando Ari Sutaryadi, Muhammad Riyandi dan Syahrul Trisna.

Kehebatan nama-nama di atas tak lepas dari peran Kim Bong-soo. Demi meningkatkan kualitas para penjaga gawang, Kim Bong-soo tak segan membanting Ernando dan kawan-kawan di sesi latihan. Tujuannya demi meningkatkan mental dan refleks para pemain.

2. Dzenan Radoncic (Asisten Pelatih)

Dzenan Radoncic

Dzenan Radoncic merupakan bomber andalan Shin Tae-yong saat menangani Seongnam Ilhwa Chunma. Kala itu, penyerang berpaspor Montenegro ini yang membantu Shin Tae-yong membawa Seongnam kampiun Liga Champions Asia 2010.

Karena itu, Dzenan Radoncic dibawa Shin Tae-yong untuk gabung Timnas Indonesia pada Oktober 2021. Semenjak Dzenan Radoncic hadir, produktivitas gol Timnas Indonesia meroket.

1. Jeong Seok-seo (Penerjemah)

Jeong Seok-seo

(Jeong Seok-seo (tengah)

Strategi Shin Tae-yong yang disampaikan pemain ke Timnas Indonesia takkan berjalan maksimal jika tak ada sosok Jeong Seok-seo. Pria yang satu ini bertugas sebagai penerjemah, alias penyambung lidah antara Shin Tae-yong ke personel Timnas Indonesia.

Salah satu peran Jeong Seok-seo terlihat dalam video yang diungkap akun YouTube PSSI TV jelang laga Timnas Indonesia kontra Malaysia. Saat itu, Shin Tae-yong mengungkap kelemahan Malaysia dalam bahasa Korea Selatan, kemudian diterjemahkan Jeong Seok-seo ke dalam bahasa Indonesia.

“Nomor 2 (Dion Cools) baru datang. Jadi mudah capek dan 30 menit sudah habis (kelelahan). Nomor 5 (Junior Eldstal) dan 8 (Baddrol Bakhtiar) tak punya kecepatan. Drible sekali ajak sprint pasti lewat,” kata Shin Tae-yong yang diterjemahkan Jeong Seok-seo, mengutip dari akun TikTok @pemaincadangan.

“Main agak melebar, incar sisi kiri karena mereka tak bisa kaki kiri. Main agresif. Incar ruang kosong di belakang,” lanjut Shin Tae-yong.

Jadi, sanggupkah Shin Tae-yong mencetak sejarah bareng Timnas Indonesia? Menarik untuk dinantikan



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.