News

2 Ribu Guru Honorer Tidak Lulus P3K, Forum Guru Tidak Tetap Audiensi ke DPRD Kota Medan



TRIBUNNEWS.COM, MEDAN – Forum Guru Tidak Tetap (FGTT) mendatangi kantor DPRD Medan, Kamis (4/8/2022).

FGTT mengadukan nasib ribuan guru honorer di Kota Medan, Sumatera Utara, yang kehilangan pekerjaan seiring mulai masuknya para guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK).

Baca juga: Kisah Tarmizi Jadi Guru ASN P3K Setelah 33 Tahun Mengabdi sebagai Honorer dan 7 Bulan Lagi Pensiun

“Ada 2 ribu guru yang tidak lulus P3K dan mereka ini ada yang dikeluarkan langsung dari sekolah,” jelas Ketua Forum Guru Tidak Tetap (FGTT), Rahmah Nasution saat audiensi, Kamis.

Rahmah pun mengungkapkan bahwa kebijakan Dinas Pendidikan Kota Medan yang akan memetakan guru-guru honorer ke sekolah baru, hingga kini belum terealisasi.

Padahal para guru honorer sudah dikeluarkan oleh masing-masing kepala sekolah, sejak guru PPPK mulai masuk mengajar di sekolah.

“Jadi gini apabila mereka puluhan guru ini dikeluarkan dari sekolah otomatis mereka tidak bisa ikut ujian P3K, karena mereka tidak mengajar sama sekali,” kata Rahmah yang mengajar di SDN 060816 Kota Medan.

Semestinya, kata Rahmah, para guru honorer tidak boleh dikeluarkan dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) agar nantinya bisa mengikuti ujian tahap tiga.

“Mereka ini seharusnya tidak boleh dikeluarkan dari sekolah karena jika keluar maka mereka tidak terdata dalam Dapodik dan tidak bisa ikuti ujian tahap tiga ini,” terangnya.

Baca juga: Ratusan Tenaga Honorer Kesehatan Kota Tasikmalaya Unjuk Rasa Minta Jadi ASN atau PPPK

Selain itu kata Rahmah, sampai saat ini tidak ada perhatian dari Pemko Medan khususnya Dinas Pendidikan Medan terkait kondisi para guru honorer, meski telah mengabdikan diri mereka sejak puluhan tahun.

“Kami sudah ke Disdik tapi mereka slow respon sampai akhirnya ada beberapa dari kami yang nyari sekolah sendiri-sendiri, padahal ada yang telah berpuluh-puluh tahun mengajar meskipun masih honor,” katanya.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close