TV

13 Video Klip Ikonik Musisi Dunia yang Berkonsep Animasi, Dari Anime hingga Videogame


Kapanlagi.com – Karya musik berkualitas dari musisi kelas dunia memang semakin relevan dengan interpretasi pendengarnya. Maka sudah seperti keharusan jika dirilisnya sebuah lagu juga beriringan dengan visual pendukung melalui music video atau biasa dikenal dengan video klip.

Nggak jarang, konsep yang dihadirkan musisi untuk mendukung karya musiknya sangat unik. Salah satu yang selalu menarik perhatian adalah konsep animasi brilian.

Dari sekian banyak MV berkonsep animasi, beberapa diantaranya masuk kategori ikonik yang mampu menarik perhatian para fans serta penikmat musik kasual. MV apa saja sih?

1. Red Hot Chili Peppers – Californication


Bicara soal band legendaris, nama Red Hot Chili Peppers tentu saja nggak bisa dilepaskan. Selama lebih dari 20 tahun, Flea dkk sukses menjadi ikon psikedelik rock lewat musik yang ditampilkan.


Salah satunya hadir lewat single CALIFORNICATION yang dirilis pada 1999. Single ini dirilis pula dalam format MV berkonsep animasi. Dalam MV ini menampilkan konsep free room video game yang seolah identik dengan industri gaming pada saat itu.

2. Porter Robinson & Madeon – Shelter


Tahun 2016 menandai kolaborasi dua produser electronic dance music muda berbakat yaitu Porter Robinson dan Madeon. Single kolaborasi bertajuk SHELTER ini sukses mengguncang industri musik lewat MV yang dihadirkan.


MV yang dihadirkan ini mengusung format short movie berupa anime Jepang yang mengharukan. Nggak tanggung-tanggung, pembuatan MV dan short movie ini juga melibatkan dua studio film besar di Jepang dan Amerika Serikat yaitu A-1 Pictures dan Crunchyroll.

3. a-ha – Take On Me


Lagu TAKE ON ME memang nggak bisa dilepaskan dari band senior a-ha. Nggak cuma lagunya yang ikonik berkat memuncaki tangga lagu dunia serta menjadi OST dari film James Bond yang bertajuk THE LIVING DAYLIGHTS, single TAKE ON ME juga memiliki konsep MV yang luar biasa.


MV yang dirilis pada 1985 ini memiliki konsep animasi yang saat itu masih jarang digunakan. Hasilnya, sederet prestasi pun diraih. Pada MTV Video Music Awards 1986, single ini menyabet sederet penghargaan seperti Best New Artist in a Video, Best Concept Video, Most Experimental Video, Best Direction, Best Special Effects, serta Viewer’s Choice.

4. Avenged Sevenfold – A Little Piece of Heaven


Meski berkonsep animasi, MV dari single ini sangat nggak direkomendasikan buat anak di bawah umur. Hal ini disebabkan MV dari A LITTLE PIECE OF HEAVEN memiliki konsep gore yang penuh kekerasan di sana sini. Wajar saja, Avenged Sevenfold sebagai band cadas memang identik dengan sesuatu yang garang baik secara perform maupun karya yang dihasilkan.

5. HONNE- No Song Without You


Pada tahun 2020 lalu, duo alternative pop HONNE merilis sebuah single romantis bertajuk NO SONG WITHOUT YOU. Dirilis bersamaan dengan lyric video, konsep yang diambil adalah simple animation yang menceritakan kisah dua orang yang selalu bersama. Tone warna yang biru keunguan menambah kesan romantis dari single yang satu ini.

6. Linkin Park – Breaking The Habit


Diambil dari album METEORA, single BREAKING THE HABIT merupakan nomor unggulan dari band numetal Linkin Park. Berkisah tentang lika liku kehidupan, MV animasi yang dirilis juga menjadi ikonik bagi para fans. Nggak heran jika MV ini mampu masuk nominasi Best Rock Video di MTV Video Music Award 2003.

7. Billie Eilish – My Future


Sejak OCEAN EYES yang dirilis pada 2016, karir Billie Eilish meningkat drastis dari waktu ke waktu. Lewat album CALM MORNINGS sendiri, terdapat beberapa lagu andalan termasuk MY FUTURE. Menariknya, MV yang ditawarkan pada lagu ini memvisualisasikan sosok Billie Eilish versi animasi lengkap dengan segala problematika kehidupan yang dihadapinya.

8. Daft Punk – One More Time


Daft Punk memang sudah memutuskan pensiun dari dunia musik sejak awal 2021 lalu. Namun, karya musik mereka akan selalu everlasting, terlebih duo musisi asal Perancis ini merupakan pioneer electronic dance music di dunia.


Album kedua mereka yang dirilis pada tahun 2001 juga menjadi ikonik, salah satunya lewat single ONE MORE TIME. Selain lagunya yang ear-catchy, ONE MORE TIME juga dirilis lewat MV brilian berkonsep anime klasik 80an.

9. Gorillaz – Feel Good Inc.


Proyek musik dari pentolan Blur yaitu Damon Albarn yang bernama Gorillaz sempat menjadi sensasi pada era MTV. Apalagi kalau bukan konsep animasi mulai dari MV hingga perform di atas panggung.


Salah satu karya yang paling ikonik tentu saja FEEL GOOD INC. Praktis, lagu ini pula yang membantu melebarkan sayap Gorillaz di belantika musik dunia.

10. Lady Gaga & BLACKPINK – Sour Candy


SOUR CANDY yang merupakan kolaborasi ikonik dan perdana dari Lady Gaga serta BLACKPINK terdapat pada album CHROMATICA yang dilepas pada 2020. Sisi unik dari lagu ini nggak cuma lewat instrumennya yang kaya akan karakter, melainkan juga hadir lyric video-nya.


Dalam lyric video tersebut menampilkan BLACKPINK dan Lady Gaga versi animasi lewat karakter yang berbeda. Seperti Jennie dengan warna Biru, Rose warna merah, Jisoo warna ungu, Lisa warna kuning, serta Lady Gaga yang muncul dengan warna pink.

11. Tame Impala – Feels Like We Only Go Backwards


Kurang lengkap rasanya jika nggak memasukkan karya dari unit psychedelic kenamaan Australia yaitu Tame Impala. Melalui single FEELS LIKE WE ONLY GO BACKWARDS, Kevin Parker selaku pentolan Tame Impala membawa pendengar terbuai lewat musik yang dibawakannya. Nggak cuma itu, visualisasi yang ditampilkan lewat MV-nya juga membuat lagu ini cocok banget buat kamu yang ingin bersantai.

12. Stephanie Poetri – Straight To You


Pandemi yang muncul dadakan pada 2020 lalu membuat sederet musisi memutar otak, salah satunya adalah Stephanie Poetri. Single STRAIGHT TO YOU yang sejatinya sudah memiliki konsep MV terpaksa bergeser lewat visual bertema video game 16bit dengan pixel yang ikonik.

13. Radiohead – Paranoid Android


List terakhir untuk MV ini hadir lewat single PARANOID ANDROID dari Radiohead. Diambil dari album OK COMPUTER, Thom Yorke menjadikan lagu ini ikonik sepanjang masa dengan menjadi satu-satunya single Radiohead yang MV-nya berkonsep animasi pada album itu.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close